14 Obat Salep Luka Bakar Pilihan dan Paling direkomendasikan

(Khasiatmanfaat.com) – Luka bakar seringkali terjadi akibat kecelakan tak terduga yang biasanya lebih rentan menimpa anak-anak ataupun lansia. Apabila tidak ditangani dengan benar, luka tersebut dapat mengalami infeksi yang menyebabkan terbentuknya nanah dan adakalanya juga menyebabkan demam. Cedera akibat luka bakar biasanya juga disertai nyeri dan sensasi panas berkepanjangan. Untuk menyembuhkan cedera luka bakar dengan sempurna dibutuhkan obat salep luka bakar yang paling sesuai. Salah penanganan pada luka bakar akan beresiko meninggalkan bekas luka yang pada akhirnya dapat mengurangi kepercayaan diri.

Tidak banyak orang yang mengetahui cara menangani luka bakar dengan benar. Seringkali cidera tak terduga membuat korban menjadi panik dan melalaikan langkah pertolongan pertama yang sebenarnya sangat vital dan mempengaruhi kesembuhan luka itu sendiri. Berdasarkan tingkat keparahannya, luka bakar bisa dikategorikan sebagai luka bakar ringan hingga berat. Obat luka bakar yang dapat diberikan pun keefektifannya berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan atau stadium luka yang di derita.

Cara Mengobati Luka Bakar

Pada kondisi dimana tingkat luka bakar sudah terlalu parah misalnya akibat kebakaran atau tersetrum listrik hingga membakar lapisan kulit dengan area yang luas atau dalam, maka korban harus segera mendapat pertolongan medis di rumah sakit. Pada kasus kebakaran, seringkali korban juga mengalami cedera inhalasi dan keracunan karbon monoksida sehingga memerlukan perawatan yang intensif. Penanganan secara intensif dilakukan oleh dokter secara langsung dengan pengobatan yang lebih terjamin di rumah sakit.

cara merawat atau mengobati luka bakar

Pada kasus luka bakar ringan seperti tersiram air panas, minyak mendidih, percikan api, atau terkena panas knalpot, tindakan pertolongan pertama yang penting untuk dilakukan adalah dengan segera mengalirkan air selama minimal 10 menit pada daerah yang terkena kontak. Jika diakibatkan oleh bahan kimia / Chemical burn maka cucilah daerah yang terdampak dengan air sebanyak-banyaknya. Air yang digunakan untuk mencuci sebaiknya diberi larutan antiseptik seperti Betadine, Dettol atau Albothyl, atau bisa juga di kompres menggunakan Rivanol. Setelah dirasa kering, olesi daerah luka dengan salep luka bakar atau topical antiobiotik. Kemudian tutup luka dengan plastik cling wrap untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi atau agar luka tidak semakin parah. Topical antibiotik untuk mengobati luka bakar yang seringkali digunakan adalah salep jenis Neomycin Sulfate, dan Silver Sulphadiazine.

Sedangkan untuk tingkat luka bakar yang serius, Anda mungkin perlu memberikan obat secara oral untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri. Pemberian obat anti radang yang bersifat analgesik seperti Ibuprofen, asam mefenamat (Ponstan, Mefinal), atau paracetamol serta obat penenang seperti diazepam ditujukan untuk mengurangi rasa sakit dan supaya korban bisa istirahat. Jika terjadi infeksi akibat luka bakar yang diderita, antibiotik mungkin diperlukan untuk mengatasi infeksi yang terjadi. Dengan petunjuk dokter, kita bisa mengonsumsi antibiotik secara aman dan meminimalisir risiko terjadinya efek samping.

Pada waktu yang lalu saya telah menulis artikel mengenai 16 macam obat luka bakar tradisional. Namun tentunya tak semua orang menyukai jenis pengobatan luka bakar secara herbal, dan lebih menyukai obat yang tersedia instan di apotek. Nah, pada artikel kali ini, saya ingin membagikan kepada Anda beberapa merek obat krim / salep yang biasa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar.

Ragam Merek Salep Luka Bakar dan Khasiatnya

Obat yang dapat diberikan untuk mengatasi luka bakar sangat beragam macamnya. Pada umumnya obat jenis salep atau krim adalah yang paling sering digunakan untuk merawat luka bakar. Penggunaan krim atau salep luka bakar bertujuan untuk mempercepat penyembuhan, mencegah infeksi, menjaga kelembapan luka serta mengurangi nyeri. Namun, tak semua salep itu memiliki kandungan yang sama serta efektif digunakan pada semua keadaan. Akan lebih baik jika mendapat saran dari dokter untuk memilih obat luka bakar yang paling tepat.

Berikut ini adalah 14 merek salep luka bakar pilihan yang penting untuk Anda ketahui dan Anda jadikan referensi:

1. Nutrimoist

Salep luka bakar Nutrimoist, salep herbal untuk mengatasi luka bakar tanpa efek samping

Salep Nutrimoist ini pada dasarnya merupakan obat herbal untuk luka secara umum. Namun salep ini juga efektif dan direkomendasikan sebagai salep untuk mengobati luka bakar. Salep produk dari CNI ini terbuat dari ekstrak herbal langka dari negeri Tiongkok. Kandungan utamanya adalah Panax ginseng, Polygonum cuspidatum, Polygonum multiflori dan Angelica sinensis. Efek ekstrak tersebutlah yang membuatnya efektif sebagai penanganan luka bakar karena mempunyai khasiat untuk melembabkan kulit dan sebagai sumber nutrisi kulit sehingga mempercepat proses regenerasi sel dan penyembuhan luka bakar. Salep atau krim ini cukup baik digunakan dalam menangani luka bakar apapun jenis kulit Anda karena kandungan alaminya yang tak menimbulkan efek samping.

2. Bioplacenton

Bioplacenton, Salep luka bakar paling populer dan umum digunakan untuk mengobati luka bakar

Salep luka bakar Bioplacenton adalah merek obat luka bakar yang mungkin paling populer. Dengan harganya yang sangat terjangkau, salep ini banyak digunakan untuk mengobati luka bakar grade 1. Setiap kemasan tube 15 gram salep Bioplacenton mengandung Neomycin Sulphate sebanyak 0.5 % serta ekstrak Placenta sebanyak 10%.

Perlu diketahui bahwa pada luka bakar dengan kulit yang mengelupas disarankan untuk memberikan salep yang mengandung antibiotik dengan tambahan ekstrak plasenta. Kandungan antibiotik Neomycin sulfat pada salep ini akan membantu mencegah infeksi serta peradangan, sedangkan ekstrak plasenta akan membantu meregenerasi kulit yang terbakar hingga ke bentuk semula. Salep Bioplacenton ini tidak hanya dapat digunakan oleh orang dewasa, namun dapat juga menjadi obat salep luka bakar yang aman untuk anak-anak.

Selain berfungsi sebagai obat luka bakar, salep buatan Kalbe Farma ini juga berkhasiat menyembuhkan ulkus kronis, luka yang lama sembuh (biasanya akibat diabetes) dan terdapat granulasi, ulkus dekubistus, eksim pioderma, impetigo, furunkolosis dan infeksi kulit lainnya. .

Oleskan bioplacenton pada luka bakar 4-5 kali sehari guna mempercepat penyembuhan luka bakar. Salep ini juga dapat mengurangi rasa nyeri pada luka bakar berkat kandungan gel di dalamnya yang menyebabkan sensasi dingin pada kulit. Namun salep ini memiliki efek samping khususnya terhadap penderita yang mempunyai hipersensitif terhadap Neomycin sulfat dan ekstrak plasenta.

3. Burnazin

Salep luka bakar Burnazin, antibiotik topikal untuk luka bakar tingkat 2 dan 3

Salep luka bakar Burnazin merupakan salep antibiotik topikal berbasis Silver sulfadiazine. Salep ini berguna untuk mengobati dan mencegah infeksi luka bakar pada tingkat keparahan dua dan tiga. Obat luka bakar satu ini juga termasuk salah satu yang cukup populer dan banyak digunakan diantara obat-obat salep untuk luka bakar lainnya. Burnazin merupakan salep antimikroba topikal yang sering digunakan untuk mencegah serta menanggulangi sepsis luka pada pasien luka bakar tingkat dua dan tiga.

Meski digunakan sebagai obat luar, namun salep ini dilarang digunakan pada wanita hamil. Hal itu disebabkan karena kandungan Silver sulfadiazine dalam salep dapat terserap kedalam tubuh dan mempengaruhi perkembangan janin. Selain itu salep ini juga tak dianjurkan bagi pasien luka bakar yang memiliki penyakit ginjal maupun hati.

4. Madecassol

Salep luka bakar Madecassol

Madecassol merupakan obat luka bakar berbentuk salep yang diproduksi oleh Corsa/Roche Nicholas/Serdex. Didalamnya terdapat kandungan Titrated Extract of Centella Asiatica (asiaticoside 40%, asiatic acid 30%, madecassic acid 30%).

Salep ini berfungsi sebagai obat yang efektif untuk mencegah dan menghilangkan keloid yang timbul pada luka bakar, luka trauma serta luka bedah. Salep ini juga berguna untuk mengatasi masalah jaringan parut abnormal, dekubitus, retraktil, luka mukosa dan kulit pada telinga, hidung dan tenggorokan, lesi ulkus pada lepra, sindroma prevarikosis, ulkus varikosis serta varices.

Obat salep luka bakar ini bisa terus digunakan tanpa menimbulkan efek samping berbahaya. Aturan pemakaiannya, cukup oleskan salep ini pada daerah luka satu sampai dua kali sehari saja. Gunakan obat luka bakar ini sampai luka sembuh. Jika sampai timbul iritasi pada kulit, hendaknya segera menghentikan penggunaan obat ini.

5. Sulfamylon Cream

Sulfamylon Cream adalah krim antimikroba topikal yang digunakan sebagai terapi antimikroba ajuvan pada pasien dengan luka bakar derajat kedua dan ketiga. Obat berbentuk krim ini mengandung Mafenide acetate yang berguna mengurangi risiko penyebaran bakteri ke kulit di sekitarnya atau hingga ke darah, sehingga membantu mencegah infeksi darah yang serius. Obat ini juga berkhasiat untuk mencegah luka bakar mengalami penebalan.

6. Bacitracin

Salep luka bakar Bacitracin, salep antibiotik untuk pertolongan pertama

Bacitracin adalah salep yang digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi kulit ringan yang disebabkan oleh luka kecil, goresan, termasuk luka bakar. Antibiotik oles ini berguna untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini hanya bisa mencegah atau mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri saja, tidak termasuk oleh virus dan jamur. Meskipun dijual bebas, usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda menggunakan obat ini.

7. Nebacetin

Salep luka bakar Nebacetin

Nebacetin merupakan salep obat luar yang bekerja sebagai antibiotik (membunuh bakteri dan mengobati infeksi) pada luka tertutup. Kandungan neomycin sulfat dan bacitracin pada salep ini bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Neomycin sulfat efektif untuk membunuh bakteri gram positif dengan mekanisme kerja menghambat biosintesis dinding sel bakteri dan bacitracin efektif membunuh gram negatif dengan mekanisme kerja merusak kode genetik dan urutan sintesis protein dari bakteri.

Keunggulan salep luka bakar Nebacetin ini adalah mengandung 2 antibiotik yang bekerja sinergis (saling menguatkan) sehingga lebih efektif membunuh bakteri penyebab infeksi. Salep ini memiliki komposisi 5 mg Neomycin sulfat serta 250 unit Bacitracin. Pada dasarnya Nebacetin tidak menimbulkan efek samping karena tidak diserap oleh kulit dan mukosa, sehingga pada pemakaian lokal dapat diberikan pada dosis tinggi. Selain itu bahan dasar salep Nebacetin ini tidak menimbulkan suatu iritasi apapun.

8. Enbatic

Enbatic merupakan salep yang efektif untuk mengobati luka bakar, luka karena operasi, penyakit kulit dan mukosa yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap Neomycin dan Bacitracin, pioderma dan folikulitis. Salep Enbatic mengandung Neomycin sulfate yaitu antibiotik golongan aminoglikosid yang menghambat pertumbuhan bakteri dan Zn Bacitracin yang merupakan antibiotik yang membunuh infeksi bakteri penyebab penyakit kulit.

Sama halnya dengan Nebacetin, obat ini juga mengandung Neomycin sulfat dan Bacitracin. Keduanya digunakan dalam bentuk topikal (obat luar). Yang membedakan keduanya adalah jumlah kandungan bacitracin yang lebih banyak dimana Enbatic mengandung 5 mg Neomycin sulfat dan 500 unit Bacitracin.

9. Bioderm

Salep luka bakar Bioderm

Bioderm Cream merupakan obat topikal berbentuk krim yang mengandung Gentamicin Sulfate. Bahan ini aktif mengatasi masalah infeksi kulit primer dan sekunder seperti impetigo, folikulitis superfisial, furunkulosis, acne vulgaris, luka dan luka bakar, infeksi eksema dermatitis. Dengan mengoleskan krim ini secara teratur pada bagian yang terinfeksi, secara efektif bahan di dalamnya bekerja menyembuhkan kulit.

10. Metcovazin

Salep luka bakar Metcovazin, baik untuk mengobati luka bakar

Salep luka bakar Metcovazin merupakan topical therapy (obat oles) buatan anak negeri untuk perawatan luka. Metcovazin dibuat dalam bentuk ointment jenis krim atau salep dan memiliki warna putih agak kekuningan. Salep Metcovazin diramu untuk mengobati semua jenis luka, termasuk luka bakar. Metcovazin memiliki sifat mempertahankan kelembaban luka sehingga permukaan luka tetap pada lingkungan optimal (moist wound healing). Kelebihan inilah yang menjadikan metcovazin juga direkomendasikan sebagai salep luka bakar. Metcovazin secara selektif mampu membunuh bakteri anaerob, jamur dan organisma protozoa. Metcovazin tersedia dalam 3 varian, yaitu Metcovazin Reguler (mengandung Metronidazole dan Zinc) untuk semua jenis luka, Metcovazin Red (+iodosorb) untuk jaringan berwarna merah, dan Metcovazin Gold (+hidrokoloid) untuk jaringan nekrosis hitam dan kuning atau infeksi.

Salep metcovazin dapat digunakan untuk pemakaian topikal pada kasus luka bakar, luka kanker, luka akibat tirah baring yang lama, luka diabetes, dan luka kronis lainnya. Salep metcovazin juga berkhasiat untuk mengatasi infeksi bakteri dan jamur, mengurangi bau tak sedap pada perawatan luka kanker, mencegah perdarahan terutama pada saat mengganti balutan (karena tidak menyebabkan balutan menjadi kering), dan mempertahankan kelembaban pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Cara Pemakaian obat ini cukup mudah, yaitu cuci luka terlebih dahulu, oleskan Metcovazin pada luka, kemudian beri balutan kasa lalu plester.

Pada kasus perawatan luka dengan therapi radiasi, salep ini tidak boleh digunakan karena mengandung zinc yang dapat mengganggu aktifitas pengobatan therapi radiasi. Selain itu salep ini juga tidak cocok untuk yang memiliki hipersensitivitas terhadap zinc oxide.

11. Mebo

Salep Mebo, salep luka bakar yang paling di rekomendasikan para dokter

Salep luka bakar Mebo atau moist exposed burn ointment adalah salah satu salep untuk mengobati luka bakar yang paling ampuh dan paling direkomendasikan oleh para dokter untuk pengobatan luka bakar. Namun disamping memiliki harga yang cukup mahal, salep produk impor buatan Shantou S.E.Z. MEBO Pharmaceutical Factory, Beijing, China ini juga sedikit susah didapatkan. Namun mahalnya harga salep ini sebanding dengan khasiatnya yang sudah terbukti ampuh dalam menyembuhkan dan mengeringkan luka bakar. Banyak sekali kasus luka bakar baik tingkat 1, 2, maupun 3 yang lukanya sembuh dan mengering hanya dalam hitungan hari saja sejak di olesi dengan obat manjur ini.

Salep ini memiliki kandungan yaitu Radix Scutellariae, Cortex Phellodendri, dan Rhizoma Coptidis. Khasiat dari obat ini yaitu mengurangi panas atau materi toxic lainnya akibat luka bakar, mengurangi nyeri, dan mempercepat regenerasi/pertumbungan jaringan. Salep Mebo ini ampuh untuk mengobati luka bakar, scalds, dan luka bakar kimiawi / chemical burn. Ciri khas salep ini yaitu memiliki warna kuning kecoklatan dan berbau minyak wijen. Sebelum mengoleskan salep Mebo pada luka bakar ada baiknya mencuci luka terlebih dahulu menggunakan air infus / NaCl, baru kemudian oleskan tipis salep mebo dengan ketebalan tidak melebihi 1 mm. Oleskan salep Mebo setiap 4 hingga 6 jam. Sebelum dioleskan, sisa salep Mebo yang menempel pada kulit yang telah dioleskan sebelumnya sebaiknya dibersihkan. Pada pasien yang hipersensitif atau alergi terhadap sesame oil, salep Mebo harus digunakan dengan hati-hati.

12. Sibro

Salep luka bakar Sibro, saudara kandung dari salep mebo

Salep luka bakar Sibro pada dasarnya serupa dengan mebo. Salep ini juga merupakan produk dari Shantou S.E.Z. MEBO Pharmaceutical Factory, Beijing, China yang di impor oleh PT Combiphar. Khasiat salep satu ini juga sama dengan salep mebo yang banyak disarankan untuk mengobati luka bakar.

13. Minol

Minol, minyak herbal untuk pengobatan luka bakar

Berbeda dengan semua obat luka bakar di atas yang berbentuk salep, minol dikemas dalam bentuk minyak. Minol merupakan perpaduan dari minyak atsiri yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka bakar tanpa menimbulkan perih. Komposisi alami yang terkandung dalam minol terdiri atas Curcumae domesticae rhizoma (20%), Kaempferiae rhizoma (20%), Oleum eucalypti (10%), Benzoe sumatra (15%), Persicae semen (15%) dan Draconis resina (15%). Kombinasi dari bahan alami tersebut terbukti mampu mempercepat proses penyembuhan luka bakar secara efektif.

Persicae semen atau biji buah prunus persica dan Draconis resina (daemonorop draco BI) bermanfaat sebagai anti infeksi dan mengurangi rasa sakit. Oleum eucalypti merupakan minyak atsiri (volatile oil) yang efektif sebagai obat luka di kulit, termasuk luka bakar. Benzoe sumatra merupakan kandungan yang sangat bermanfaat sebagai obat luka bakar dan luka lecet. Tak ketinggalan ada pula Kaempferiae rhizoma yang dalamnya mengadung minyak atsiri dan zat pati yang bermanfaat untuk melemaskan otot yang tegang.

Karena diramu dari perpaduan herbal, maka jangan heran jika Minol ini memiliki aroma tradisional yang cukup khas. Bagi Anda yang tidak menyukai bau rempah, mungkin bau obat ini sedikit mengganggu. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, bau ini tidak terlalu tajam dan akan menghilang setelah beberapa menit Anda oleskan. Cara menggunakan minol sebagai obat luka bakar cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak ini pada daerah luka 3 sampai 5 kali sehari.

14. Salep lidah buaya

Salep luka bakar medigel, Krim lidah buaya untuk sembuhkan luka bakar

Salep lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar tingkat dua yang Anda alami. Bahkan berdasarkan penelitian, luka bakar yang diobati dengan krim lidah buaya lebih cepat sembuh dibandingkan dengan salep Silver sulfadiazine. Luka bakar yang diobati dengan salep lidah buaya dapat sembuh dalam waktu kurang dari 16 hari, sedangkan luka yang diobati menggunakan salep Silver sulfadiazine sembuh dalam waktu 19 hari. Salah satu salep lidah buaya yang banyak dijual di pasaran adalah merk Medigel. Salep ini merupakan produk aloe vera yang bebas Alloin (getah kuning bersifat racun yang menimbulkan efek gatal).

Nah, itulah tadi 14 merek salep luka bakar pilihan yang paling umum digunakan dan direkomendasikan untuk mengobati luka bakar. Jadi jika suatu saat Anda mengalami luka bakar, maka tak perlu bingung lagi mencari obatnya. Dari beberapa alternatif salep luka bakar diatas, ada baiknya Anda memilih salah satunya dan menyimpannya kedalam kotak obat. Hal itu agar Anda siaga dengan pertolongan pertama jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan luka bakar tak terduga. Jangan lupa, jauhkan obat tersebut dari jangkauan anak-anak khususnya balita.

Oh iya… Apabila luka bakar Anda menimbulkan bekas, maka untuk menghilangkannya mungkin Anda perlu juga mengetahui artikel 10 merek salep untuk menghilangkan bekas luka bakar berikut ini.


Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.



Kiriman Terkait:

Comments
  1. Dian | Balas
  2. Okto harmen | Balas
  3. Amanda | Balas
    • adminadmin | Balas
  4. Lena Marjelita | Balas
    • adminadmin | Balas
      • Ipank | Balas
      • nisa | Balas
  5. Wahyu | Balas
  6. Ayu andini | Balas
  7. putri | Balas
  8. anirr | Balas
  9. rounald | Balas
  10. Dewi purnama sari | Balas
  11. nisa | Balas
  12. Ariro | Balas
  13. Manghakeem | Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!