Manfaat Siwak, “si Kayu Ajaib” anti Bakteri Pencegah Kanker

Khasiatmanfaat.com – Bagi sebagian besar orang kata siwak mungkin masih terdengar asing di telinga, karena faktanya memang tak sedikit orang yang belum mengenal apa itu siwak, apa kegunaannya, bagaimana bentuknya, dan apa saja kandungan serta manfaat siwak bagi kesehatan. Ada juga sebagian orang yang hanya sekedar mengetahui dari sisi kegunaannya saja, tanpa memahami dan meneliti lebih dalam khasiat serta manfaat besar yang terkandung dibaliknya.

Mungkin sebelum kita membahas lebih lanjut tentang apa saja manfaat atau faedah bersiwak bagi kesehatan, ada baiknya kita perlu berkenalan terlebih dahulu dengan apa sebenarnya yang dinamakan dengan siwak.

Apakah Itu Siwak?

Nah, jika kalian belum mengenal apa itu siwak, pernahkah kalian melihat seseorang menggosok giginya dengan benda semacam ranting kayu? Jika pernah maka benda itulah yang dinamakan dengan siwak.

 

Manfaat kayu siwak bagi kesehatan

Siwak / Miswak

Siwak atau biasa disebut juga dengan miswak merupakan bagian ranting atau akar yang lembut, berserat, serta bersifat sedikit basah yang diambil dari pohon arak (Salvadora persica), yaitu tanaman yang termasuk ke dalam kategori pohon kecil atau semak belukar yang banyak dijumpai di daerah Timur Tengah, Asia dan Afrika.

Salvadora persica

Pohon Arak (Salvadora persica)

Secara teknis, siwak adalah suatu alat yang di fungsikan untuk mengikis dan membersihkan kotoran bagian dalam mulut. Namun secara ilmiah ternyata manfaat siwak lebih dari sekedar alat untuk menyikat gigi biasa. Selain sangat aman bagi gusi karena serat batang elastisnya yang mampu menjangkau serta mengikis plak di setiap sela-sela gigi, siwak juga mengandung kandungan alami antimikrobial dan antidecay system.

Sejarah Siwak & Pandangan Menurut Dunia Islam

Penggunaan kayu siwak untuk membersihkan gigi sebetulnya telah dikenal semenjak berabad-abad silam, terutama sangat populer di kalangan bangsa Arab yang hingga sekarang pun ternyata mereka masih melestarikannya. Jika di dunia Barat penggunaan siwak adalah sesuatu yang terbilang sangat asing, namun jika kita menengok ke negara-negara muslim, kita akan dengan sangat mudah menemukan penggunaan siwak dalam kesehariannya.

Bagi masyarakat muslim penggunaan siwak tentunya tidak hanya didasari atas dorongan sekedar menjaga kebersihan dan kesehatan gigi akan tetapi lebih dari itu, yaitu demi menjalankan Sunnah Nabi, karena dalam islam sendiri bersiwak adalah merupakan hal baik yang dianjurkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam. Sebagaimana sabda Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb”. (Hadits shahih riwayat Ahmad, Irwaul Ghalil no 66).

Sebagian ulama menyebutkan bahwa manfaat siwak mencapai tiga puluh lebih. Di antaranya adalah apa yang disebutkan oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitab Ath-Thibbun Nabawi sebagai berikut:

1. Menyegarkan mulut
2. Menguatkan gusi
3. Menghindari gigi berlubang dan kekuningan pada gigi
4. Membantu proses melembutkan makanan
5. Menyaringkan suara
6. Melancarkan bicara
7. Menyehatkan pencernaan
8. Menambah semangat
9. Menajamkan mata
10. Mengusir rasa kantuk
11. Membuat Allah ridha
12. Menyenangkan malaikat
13. Memperbanyak pahala dan kebajikan.

Siwak Menurut Pandangan Sains & Dunia Medis Modern

Saat ini sangat jarang sekali kita jumpai orang yang masih memanfaatkan siwak sebagai alat pembersih gigi, kecuali hanya sebagian kecil saja. Penyebabnya adalah sebagaian besar masyarakat kita berpikiran bahwa siwak adalah sesuatu yang sudah kuno alias ketinggalan jaman, sudah tidak relevan lagi digunakan di zaman modern sekarang ini dimana telah ditemukan produk yang namanya sikat gigi serta pasta gigi. Namun tahukah kalian, Bahwa ternyata persepsi seperti ini adalah persepsi yang sangat keliru dan salah besar?

Walaupun terlihat kuno dan posisinya seolah telah tergantikan oleh peran sikat gigi serta pasta gigi, Namun studi dan penelitian yang dilakukan terhadap siwak baru-baru ini  justru membuktikan hal yang sebaliknya. Pada faktanya, pemakaian pasta gigi tidak lantas menjadikan gigi terbebas dari timbulnya masalah akibat zat-zat yang terkandung di dalamnya. Dan justru sebaliknya, ternyata menggosok gigi menggunakan siwak / miswak memiliki banyak manfaat serta keunggulan ketimbang menggunakan sikat dan pasta gigi biasa.

Bahkan Laboratorium tentang ilmu-ilmu kuman dan penyakit menular di Jerman menyatakan zat-zat yang terkandung dalam siwak memiliki dampak yang sangat baik persis seperti pengaruh penisilin. Hingga World Health Organization (WHO) pun pada tahun 1986 dan 2000 menyarankan penggunaan siwak untuk membersihkan gigi dan menjadikan siwak termasuk komoditas kesehatan yang perlu dipelihara dan dibudidayakan.

Penelitian ilmiah modern terhadap siwak baru-baru ini mengungkapkan bahwa siwak memiliki manfaat yang sangat luar biasa karena mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, melawan pembusukan, mencegah karies, menghilangkan plak, memutihkan gigi, melindungi gigi dari kerapuhan, membantu merekatkan luka gusi dan pertumbuhannya secara sehat, melindungi mulut serta gigi dari berbagai penyakit, dan juga memiliki manfaat mencegah kanker. Maka tak salah sebenarnya jika siwak ini kemudian dijuluki sebagai “si Kayu Ajaib”.

Khasiat dan Manfaat Siwak bagi Kesehatan

Berikut ini adalah 12 khasiat dan manfaat siwak bagi kesehatan menurut tinjauan sains dan ilmu medis modern yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya:

1. Membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi

Siwak mengandung zat Antibacterial acids, seperti glicozid dan unsur sulfate yang berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa ternyata dalam satu kali penggunaan, siwak dapat membunuh 80% bakteri yg ada di dalam mulut secara efektif.

2. Mencegah proses pembusukan dan merangsang produksi saliva

Zat anti pembusukan (Anti decay agent) yang terdapat dalam siwak mampu menahan pembusukan dan menurunkan jumlah bakteri di dalam mulut dimana efeknya berlangsung selama 6 hingga 8 jam dari waktu pemakaiannya. Selain itu siwak juga turut merangsang produksi saliva (air liur) lebih, dimana saliva merupakan organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.

3. Membersihkan gigi, memutihkan gigi, mencegah karies, serta menyehatkan gigi dan gusi

Kandungan seperti Pottasium, Klorida, Fluoride, Sodium Bicarbonate, Sulfur, Silika, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang terkandung dalam siwak sangat berperan untuk membersihkan gigi, memutihkan gigi, mencegah karies, serta menyehatkan gigi dan gusi. Klorida bermanfaat untuk menghilangkan noda pada gigi, sedangkan silika berfungsi menghilangkan warna yang menyelimuti permukaan gigi dan memutihkan gigi, adapun fluoride sebagai pencegah terjadinya karies dengan memperkuat lapisan email dan mengurangi larutnya terhadap asam yang dihasilkan oleh bakteri. Bahan-bahan ini sering diekstrak sebagai bahan penyusun dalam pasta gigi.

4. Membantu penyembuhan dan perbaikan jaringan gusi

Kandungan Trimethylamine dan vitamin C membantu penyembuhan, merekatkan luka gusi dan memperbaiki jaringan gusi.

5. Mencegah pembentukan plak, memperkuat pembuluh darah dan mencegah radang gusi

Enzim yang terkandung dalam siwak dapat mencegah pembentukan plak yang dapat menyebabkan radang gusi. Vitamin C dan Sinositrol memperkuat pembuluh darah dan melindungi gusi dari radang.

6. Menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut

Kandungan minyak aroma alami dalam siwak yang memiliki rasa dan bau yang segar menjadikan mulut menjadi harum serta menghilangkan bau tak sedap.

7. Menambah nafsu makan

Zat Anthraliton yang terkandung dalam siwak disamping aktif membersihkan mulut juga dapat menambah nafsu makan serta memperlancar gerakan usus perut.

8. Mencegah Demensia (Pikun)

Menurut hasil penelitian dari New York University, salah satu penyebab Alzheimer adalah dipicu oleh radang gusi. Radang gusi sendiri dipicu oleh penumpukan plak dan kebersihan mulut yang buruk. Salah satu cara efektif untuk terhindar darinya adalah rajin membersihkan gigi menggunakan siwak karena siwak sendiri sangat bermanfaat mencegah timbulnya radang gusi. Jadi penggunaan siwak sangat berkolerasi untuk pencegahan penyakit Alzheimer atau Demensia.

9. Mencegah Meningitis (Peradangan Selaput Otak)

Bakteri S. Trigunirus adalah bakteri penyebab meningitis dan termasuk bakteri yang hidup di dalam rongga mulut. Pada saat terjadi pendarahan spontan pada peradangan gusi atau jaringan periodontal yang menandakan ada pembuluh darah yang pecah, bakteri S trigunirus ini dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan bisa terbawa ke otak hingga berpotensi menyebabkan meningitis. Salah satu fungsi siwak sebagai antibakteri dan anti radang mampu mencegah terjadinya bakteri terbawa ke otak penyebab meningitis.

10. Meredakan rasa sakit dan menurunkan ketegangan otot-otot neurorefleks

Menggosok gigi menggunakan siwak ternyata tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi dan sebagai antibakteri, tapi juga dapat menstimulasi Biologically Active Spots (BAS) yang terletak di antara gigi dan gusi. Titik-titik ini terhubung dan mengatur fungsi sejumlah organ dimana terpijitnya titik ini oleh siwak dapat berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan menurunkan ketegangan otot-otot neurorefleks.

11. Menghilangkan efek kecanduan bagi perokok aktif

Salah seorang peneliti siwak yang menghabiskan 17 tahun masa hidupnya hanya untuk meneliti kegunaan siwak, Ramli Mohammed Diabi, berpendapat bahwa siwak juga berfungsi untuk menghilangkan efek kecanduan bagi perokok aktif.

12. Mencegah Kanker

Hasil beberapa penelitian menyebutkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam siwak dapat menghalangi aktivitas sel-sel kanker. Dalam studi ilmiah yang dilakukan di Pakistan tahun 1981 terhadap jenis-jenis siwak, hasilnya adalah terdapat zat-zat dalam siwak yang mampu mencegah kanker. Balai Kesehatan Nasional di Amerika Serikat  melakukan uji coba terhadap kandungan siwak untuk mengetahui seberapa jauh aktivitas zat-zat siwak melawan penyakit kanker. Hasilnya menunjukkan adanya komposisi kimiawi dalam tumbuhan ini yang mampu mencegah tumbuhnya berbagai macam kanker.

Inilah beberapa khasiat dan manfaat mengejutkan yang terkandung di dalam siwak. Luar biasa bukan? Ternyata dibalik sebatang kayu yang penampilannya begitu menipu, tersimpan khasiat dan manfaat yang sangat menakjubkan bagi kesehatan. Jadi, janganlah ragu-ragu lagi untuk mulai merubah pola hidup Anda dengan menjadikan bersiwak sebagai kebiasaan, lalu buktikanlah sendiri manfaatnya terhadap kesehatan Anda. Jika belum mengetahui tata cara bersiwak, maka silahkan baca Tata Cara Menggunakan Siwak.

Salam Sehat Selalu :-)

Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.





Kiriman Terkait:

Komentar
  1. Avatarzazakhuna September 25, 2015 | Balas
  2. Avatarubai Desember 7, 2016 | Balas
  3. AvatarDyah_q Januari 22, 2017 | Balas
  4. Avatarhamba allah Maret 11, 2017 | Balas
  5. AvatarHikmah Maret 24, 2017 | Balas
  6. Avatarfadlih April 6, 2017 | Balas
  7. Avatarnasir Mei 6, 2017 | Balas
  8. AvatarImelda adresia Mei 12, 2017 | Balas
    • adminadmin Mei 19, 2017 | Balas
    • AvatarEndah Maret 6, 2019 | Balas
  9. Avatarvitta Agustus 24, 2017 | Balas
    • Avatarw4riz Agustus 27, 2017 | Balas
  10. AvatarRenieka Februari 17, 2018 | Balas
  11. AvatarEno April 9, 2018 | Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *