25 Manfaat Buah Anggur, Obat Kanker Alami Kegemaran Para Sultan

Khasiatmanfaat.com – Siapa yang tidak mengenal buah anggur? Buah yang sangat populer ini memiliki rasa manis asam, bentuknya bulat kecil dengan kulit luar berbagai warna, seperti merah, hitam, dan hijau. Selain memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan, manfaat buah anggur ternyata juga sangat baik bagi kesehatan.

Pada zaman dahulu, buah anggur dikenal sebagai buah favorit yang menjadi kudapan wajib bagi para Sultan, Raja serta kaum bangsawan. Kalau dahulu anggur identik dengan buah yang mewah, namun saat ini buah anggur sudah menjadi hidangan favorit semua kalangan. Harga jualnya memang relatif sedikit mahal, tetapi hal tersebut sejalan dengan khasiat buah anggur yang sangat berlimpah.

Kandungan Gizi Buah Anggur

Dalam setiap buah anggur terdapat bermacam-macam zat yang memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Anggur dikenal mengandung banyak senyawa polifenol yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan serta mencegah berbagai penyakit. Anggur tak hanya kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, antioksidan, asam organik, dan asam folat yang baik, namun juga sumber mineral penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium dan selenium.

Penelitian mengenai manfaat buah anggur terhadap kesehatan sudah sering dilakukan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kinerja sel pembuluh darah dan berperan untuk memperlancar aliran darah sehingga kesehatan jantung dan pembuluh darah tetap terjaga.

Perbedaan Buah Anggur Merah, Hitam, dan Hijau

Beda manfaat buah anggur merah, hitam, hijau bagi kesehatanAgar Anda mendapatkan manfaat buah anggur dengan maksimal, ada baiknya untuk mengetahui dan mengenal perbedaan kandungan dari setiap jenis anggur terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa manfaat buah anggur merah dan hitam bagi kesehatan sedikit lebih besar dibandingkan dengan anggur hijau. Pasalnya, semakin pekat warna buah-buahan, artinya kandungan fitonutrien dan antioksidan di dalamnya juga semakin tinggi.

Semua jenis anggur (Vitis vinifera L.) pada dasarnya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Senyawa antioksidan terbesar dalam anggur adalah senyawa fenol. Dalam setiap 100 gram buah anggur merah terkandung 14,98 gram senyawa fenol. Sementara itu, pada anggur hijau mengandung 12,16 gram senyawa fenol. Senyawa fenol yang terdapat pada anggur berperan aktif dalam proses kerja tubuh, penangkal radikal bebas, dan pencegah terbentuknya sel kanker.

Kandungan nutrisi dari buah anggur hitam tidak terlalu banyak berbeda dengan anggur merah. Jumlah kandungan kalori anggur merah dan anggur hitam sama-sama lebih sedikit dibanding dengan anggur hijau. Perbedaan mencolok antara anggur hitam dan anggur merah hanyalah dari segi rasa. Buah anggur hitam memiliki rasa yang lebih manis dan lebih kuat ketimbang anggur merah.

Khasiat & Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

khasiat dan manfaat anggur bagi kesehatanBuah anggur memiliki kandungan zat-zat fitonutrien dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai macam senyawa aktif yang terdapat di dalam anggur di antaranya resveratrol, antosianin, quercetin, saponin, karotenoid dan likopen. Konsumsi buah anggur setiap hari tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan asupan nutrisi serta vitamin bagi tubuh, namun juga berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk menangkal penyakit jantung dan pembuluh darah, anggur juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker serta penyakit kronis lainnya. Nah berikut adalah beberapa manfaat luar biasa buah anggur bagi kesehatan Anda.

Manfaat Polifenol Pada Buah Anggur

Manfaat Polifenol Pada Buah AnggurAnggur memiliki kandungan polifenol yang berperan sangat baik bagi kesehatan. Kandungan polifenol dalam buah anggur ini bermanfaat melawan radikal bebas serta memberi tubuh perlindungan dari berbagai penyakit. Senyawa polifenol yang terdapat pada buah anggur diantaranya adalah resveratrol dan antosianin. Berikut adalah beberapa manfaat polifenol pada buah anggur bagi kesehatan.

1. Anti Kanker

Manfaat buah anggur yang paling utama adalah sebagai obat alami untuk penyakit kanker. Berdasarkan penelitian, anggur menunjukkan khasiat antioksidan dan anti-mutagenik yang cukup ampuh dalam melawan semua jenis kanker, khususnya kanker kolon, kanker prostat, dan kanker payudara. Penelitian lain oleh para dokter dari Institute of Cancer Research menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam buah anggur mampu melindungi tubuh dari fibrosis payudara (pengerasan jaringan di sekitar payudara) akibat proses radioterapi. Menurut penelitian, resveratrol pada buah anggur juga sangat berkhasiat untuk menghancurkan sel kanker.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan resveratrol banyak terdapat pada kulit anggur. Kandungan senyawa dalam buah anggur ini memiliki khasiat untuk membantu mencegah penyakit jantung dan menangkal radikal bebas.

3. Mencegah Penyakit Tulang dan Sendi

Manfaat dari buah anggur lainnya yang didapat dari kandungan resveratrol yaitu untuk mencegah penyakit tulang dan penyakit sendi. Selain itu, resveratrol juga dapat menekan gen pemicu terjadinya peradangan pada pembuluh darah dan sendi.

4. Anti Penuaan Dini

Selain bermanfaat untuk penyakit jantung dan sendi, resveratrol juga memiliki efek anti penuaan dini. Konsumsi rutin anggur setiap hari dapat menghindarkan Anda dari serangan radikal bebas dan menjadikan tubuh Anda lebih awet muda.

5. Mengatur Kadar Gula Darah

Resveratrol yang ada dalam buah anggur berperan penting dalam meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin sehingga menjaga kadar gula darah.

6. Melindungi Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Mengonsumsi buah anggur secara rutin diketahui dapat membantu meningkatkan konsentrasi serta memperkuat daya ingat dan melindungi otak dari penyakit demensia serta Alzheimer. Revesratrol dalam anggur berguna untuk memperlancar peredaran darah menuju ke otak. Darah sangat dibutuhkan otak agar bisa berfungsi dengan baik, yaitu sebagai sumber suplai oksigen dan zat gizi. Sebuah penelitian di Jerman mempertegas khasiat buah anggur ini dan mengungkapkan bahwa revestratrol dapat memperkuat memori atau daya ingat manusia.

7. Mengurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi

Selain mengandung resveratrol, anggur juga mengandung antosianin yang memiliki sifat antioksidan. Antosianin memiliki efek antiplatelet dan antiradang sehingga bermanfaat untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi serta aterosklerosis. Khasiat buah anggur yang satu ini juga didapatkan berkat kandungan kalium yang berperan dalam menghilangkan efek natrium di dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa dihindari.

8. Memelihara Kesehatan Lambung

Manfaat lain buah anggur yang didapat berkat kandungan antosianin yaitu untuk memelihara kesehatan lambung. Antosianin pada buah anggur berperan untuk melindungi lambung dari kerusakan. Konsumsi rutin anggur dapat menghindarkan Anda dari penyakit lambung.

9. Mencegah dan Menghambat Sel Tumor

Berdasarkan penelitian, kandungan antosianin yang merupakan salah satu senyawa polifenol dalam buah anggur dapat bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel tumor. Sementara itu, asam ellagat yang terdapat pada buah anggur bermanfaat untuk memperlambat perkembangan tumor.

Manfaat Quercetin Pada Buah Anggur

Manfaat Quercetin Pada Buah Anggur

Quercetin merupakan salah satu senyawa aktif dalam buah anggur yang termasuk ke dalam golongan flavonoid. Flavonoid tak hanya berperan memberikan warna merah dan hitam pada si kecil manis ini, namun juga berguna untuk mencegah berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat quercetin pada buah anggur bagi kesehatan.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat buah anggur yang diperoleh berkat kandungan quercetin yaitu sebagai obat alami untuk mencegah kanker. Quercetin yang terdapat pada buah anggur berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh untuk mencegah dan melawan kanker.

11. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Beberapa keunggulan quercetin bagi kesehatan manusia di antaranya memberikan efek antimikroba (anti-infeksi), memperbaiki fungsi endotel (pembuluh darah), dan menghambat aterosklerosis (timbunan lemak di pembuluh darah). Quercetin berperan menghambat oksidasi LDL pada dinding pembuluh koroner jantung dan mencegah oksidasi sel dalam tubuh akibat radikal bebas.

Manfaat Saponin Pada Buah Anggur

manfaat saponin pada buah anggur

Buah anggur memiliki kandungan saponin yang sangat berguna bagi kesehatan. Kandungan saponin banyak ditemukan pada buah anggur merah terutama pada bagian kulitnya. Berikut adalah beberapa manfaat saponin pada buah anggur bagi kesehatan.

12. Mencegah Penyakit Diabetes

Kombinasi resveratrol, saponin dan unsur mangan dalam buah anggur bermanfaat untuk menstabilkan gula dalam darah dan membantu pencernaan lemak. Dengan kata lain, saponin berperan dalam meminimalkan serangan penyakit diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi tiga porsi anggur, blueberry, atau apel per minggu dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen.

13. Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

Manfaat lain saponin dalam buah anggur yaitu untuk menyeimbangkan kadar kolesterol. Selain polifenol dan flavonoid menurut penelitian yang dilakukan terhadap hewan, saponin dalam anggur juga mampu mengatur kadar kolesterol jahat (LDL). Senyawa saponin berfungsi menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

Manfaat Karotenoid Pada Buah Anggur

Manfaat Karotenoid Pada Buah AnggurKarotenoid merupakan pigmen alami yang ditemukan dalam buah anggur. Beberapa khasiat kesehatan yang bisa didapatkan dari karotenoid pada buah anggur diantaranya adalah sebagai berikut.

14. Mencegah Penyakit Degeneratif

Karotenoid diyakini sebagai pelindung sel dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit akibat penuaan. Jenis karotenoid yang terdapat pada anggur yaitu lutein dan Beta-karoten.

Dalam studi yang diterbitkan pada Clin Dermatol (2009) menyebutkan bahwa lutein berfungsi untuk mengatur panjang gelombang energi penglihatan dan berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas terhadap mata. Sementara itu, studi yang diterbitkan dalam Mol Aspects Med (2005) menyebutkan efek karotenoid sangat penting untuk memelihara fungsi mata dan mencegah penyakit degeneratif.

15. Memelihara Kesehatan Mata

Kombinasi antosianin dan kandungan karotenoid berupa lutein serta zeaxanthin berkhasiat untuk membantu menjaga mata serta meningkatkan kemampuan penglihatan. Mengonsumsi anggur secara rutin bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kesehatan mata dengan cara mencegah kerusakan oksidatif retina serta mencegah kebutaan.

Manfaat Likopen pada Anggur

Manfaat likopen pada buah anggur bagi kesehatan

Likopen termasuk dalam keluarga antioksidan dan banyak ditemukan dalam buah anggur. Likopen memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk mencegah kanker.

16. Melindungi Tubuh dari Serangan Kanker

Likopen dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan kanker, seperti kanker prostat, kanker rahim, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker payudara. Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kadar likopen plasma pada pasien yang memiliki adenoma kolorektal (polip usus) ternyata 35% lebih rendah dibandingkan dengan orang normal.

Manfaat Buah Anggur Lainnya Bagi Kesehatan

Manfaat lain dari buah anggur ini didapatkan berkat kandungan vitamin yang terdapat dalam buah anggur. Senyawa berkhasiat seperti vitamin C, vitamin B6, asam ellagat, magnesium, dan mangan dalam anggur memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh. Vitamin C berguna untuk meningkatkan imunitas dan menyembuhkan luka. Kandungan vitamin B6 sangat penting untuk kesehatan otak.

17. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah anggur kaya akan vitamin C, vitamin A dan vitamin K, flavonoid dan mineral sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.

18. Mencegah Osteoporosis

Anggur memiliki kandungan boron yang dipercaya bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Senyawa yang hadir dalam anggur juga dapat mengatasi masalah sindrom metabolik penyebab keropos tulang.

19. Mengobati Migrain

Minum jus anggur murni tanpa campuran air setiap pagi bisa mengobati penyakit migrain.

20. Mengatasi Insomnia

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Milan, Italia dan dipublikasikan dalam Journal of the Science of Food and Agriculture menemukan fakta bahwa buah anggur ternyata memiliki kandungan hormon melatonin. Hormon melatonin yang ditemukan dalam kulit anggur bermanfaat untuk mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia. Hormon melatonin bekerja dengan cara membuat pengatur jam tidur di dalam otak berfungsi kembali. Jadi ketika anda merasa kesulitan untuk tidur cobalah mengonsumsi beberapa buah anggur segar.

21. Memutihkan Gigi

Manfaat lain dari buah anggur yaitu untuk memutihkan gigi. Anggur mengandung asam malat yang secara alami dapat membantu menghilangkan noda pada gigi dan mengatasi perubahan warna gigi.

22. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Anggur memainkan peran penting dalam dispepsia. Anggur meredakan panas dan menyembuhkan gangguan pencernaan dan iritasi lambung.

23. Mengatasi Sembelit

Anggur mengandung asam organik, gula dan selulosa yang dikenal sebagai obat pencahar. Unsur magnesium yang terkandung dalam buah anggur dapat melancarkan buang air besar. Jadi, anggur sangat bagus dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

24. Menyuburkan Rambut

Anggur mengandung antioksidan serta vitamin E yang berkhasiat untuk memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala serta mencegah kerontokan rambut yang berlebihan. Konsumsi secara rutin buah anggur dapat memperkuat dan melembutkan rambut serta mengurangi gatal pada kulit kepala penyebab ketombe.

25. Menyehatkan Kulit

Konsumsi anggur secara rutin juga bagus untuk kesehatan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam buah anggur bermanfaat untuk memberi perlindungan terhadap radikal bebas dan sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit. Selain itu anggur mengandung vitamin C dan vitamin E yang berkasiat untuk peremajaan sel kulit dan menjaga kelembaban kulit.

Cara Tepat Mengonsumsi Buah Anggur

Bagian dari anggur yang biasa dikonsumsi yaitu daging buah dan kulit buah. Anggur merupakan buah non-klimaterik, yaitu buah yang tidak mengalami proses pematangan setelah dipetik dari pohon. Jadi pastikan buah anggur yang Anda petik sudah matang sempurna. Untuk menjaga kesegaran anggur, simpan di dalam lemari pendingin sebelum dikonsumsi atau diolah.

Anggur merupakan buah yang dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi produk makanan atau minuman. Buah anggur biasanya diolah menjadi jus, selai, salad, hingga dikeringkan menjadi kismis anggur.

Selain daging buahnya, biji buah anggur juga dapat dikonsumsi. Rasa biji anggur memang agak pahit, tetapi bagian tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan. Biji anggur mengandung 4-5% flavonoid dan 60-70% polifenol. Menurut Prof. Ali Khomsan, seorang ahli pangan, biji anggur mengandung pycnogenol sebagai pelentur pembuluh darah yang berkhasiat terhadap anti penuaan dini.

Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh Toxicology (2000) menyebutkan bahwa ekstrak biji anggur memiliki efek antioksidan yang dapat mencegah kanker payudara, kanker lambung, dan kanker paru. Selain itu, grape seed proanthocyanidin extract (GSPE) atau ekstrak proantosianidin dari biji anggur ternyata memiliki efek antidiabetes dan dapat memperbaiki kerusakan jantung.

Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.





Kiriman Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *