Khasiat & Manfaat Paku Tanduk Rusa (Simbar Menjangan)

Khasiatmanfaat.com – Tanduk Rusa (Paltycerium bifurcatum) adalah tanaman jenis paku-pakuan yang memiliki bentuk unik dan eksotis. Tak heran jika tanaman ini sering ditemukan atau dipelihara di pekarangan rumah sebagai tanaman hias karena pesona juntaian daunnya yang indah. Sesuai namanya, tanaman ini memang memiliki penampilan mirip seperti tanduk rusa yang menjuntai ke bawah. Paku tanduk rusa atau juga di daerah jawa orang menyebutnya sebagai simbar menjangan ini, selain memiliki pesona sebagai tanaman hias ternyata juga telah lama dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Daun tanduk rusa yang mengandung saponin, flavonoid dan polifenol ini memiliki khasiat sebagai bahan ramuan obat herbal.

Paku tanduk rusa (Paltycerium coronarium)

Paku tanduk rusa (Paltycerium bifurcatum)

Khasiat & Manfaat Paku Tanduk Rusa

Daun tanduk rusa dapat kita manfaatkan sebagai obat herbal atau obat tradisional. Diantara khasiatnya yaitu untuk mengobati demam, abses, bisul, radang rahim luar, gondok, dan bisa juga untuk mengobati haid yang tidak teratur.

Resep Obat Tradisional Menggunakan Tanaman Paku Tanduk Rusa

Berikut adalah beberapa resep obat tradisional menggunakan tanaman paku tanduk rusa (simbar menjangan).

Obat Bisul
Untuk mengobati bisul, campur selembar daun tanduk rusa dengan sedikit kapur sirih, lalu tumbuk halus. gunakan ramuan ini untuk mengompres bagian bisul.

Obat Abses
Abses yaitu suatu penimbunan nanah yang biasanya terjadi akibat adanya infeksi bakteri. Cara untuk mengobati abses yaitu dengan menumbuk sampai halus selembar daun tanduk rusa, satu siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada permukaan kulit yang mengalami abses.

Obat Menyuburkan Kandungan
Tanduk rusa juga bisa untuk menyuburkan kandungan. Caranya ambil 1/4 lembar daun simbar menjangan dan kunyit sebesar ibu jari , kemudian tumbuk halus. Masukkan ke dalam air matang 1/2 cangkir diperas kemudian disaring. Tambahkan asam kawak dan gula jawa secukupnya lalu minum.

Obat Radang Rahim luar
Untuk mengobati radang rahim luar, tumbuk sampai halus 2 hingga 5 lembar daun tanduk rusa dan minyak kayu putih secukupnya. Cara menggunakannya, yaitu tempelkan ramuan ini pada perut / rahim dan balut dengan kain stagen.

Obat Gondok
3 lembar daun simbar menjangan ditumbuk halus, diberi sedikit air dan garam. Oleskan ramuan ini disekeliling gondok.

Obat Demam
Selembar daun simbar menjangan ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam, seduh dengan 1 cangkir air panas, lalu saring dan minum ramuan tersebut sehari 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore.

Obat Haid tidak teratur
Untuk mengobati haid tidak teratur cukup mudah. Seduh 2 lembar daun tanduk rusa yang telah ditumbuk halus kedalam segelas air panas. Selanjutnya bisa diminum 4 atau 3 hari sebelum datang bulan (haid).

 

Itulah tadi diantara khasiat paku tanduk rusa sebagai obat tradisional. Mudah bukan? Semoga bermanfaat :-)

Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.





Kiriman Terkait:

Komentar
  1. Avatarchrist Januari 27, 2019 | Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *