Keracunan Makanan? Atasi dengan Jus Kangkung

Khasiatmanfaat.com – Keracunan makanan adalah kondisi yang muncul akibat mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh organisme menular seperti bakteri patogen, parasit, virus, dan juga oleh kimia atau racun alami yang dikeluarkan oleh makanan itu sendiri. Kontaminasi makanan terjadi antara lain karena faktor pengawetan bahan makanan yang tidak berjalan sempurna dan higienitas yang tidak terjaga. Kesalahan dalam mengolah atau memasak makanan juga bisa menjadi faktor timbulnya keracunan.

Walaupun kasus keracunan makanan jarang terjadi, tapi salah dalam penanganan dapat berujung fatal. Gejala keracunan makanan bisa dimulai beberapa saat setelah makan hingga tiga hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, ditandai dengan rasa mual, nyeri atau kram perut yang disertai muntah-muntah, diare, dan perasaan lemah. Bila dibiarkan berjam-jam korban akan mengalami syok hebat.

Jika Anda mendapati gejala keracunan makanan, jangan buru-buru panik karena sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasinya. Bagaimanakah caranya?

Bertha (36), seorang ibu beranak dua, warga Temanggung, Jawa Tengah, punya cerita. Suatu hari saat sedang menyantap makanan, tiba-tiba ia merasa pusing, mual, dan mata berkunang-kunang. Keringat dingin bercucuran di sekujur tubuhnya. Ia pun segera dilarikan ke puskesmas terdekat. Hasil diagnosa dokter puskesmas menyatakan bahwa ia mengalami keracunan makanan.
Beruntung Bertha teringat peristiwa keracunan yang menimpa suaminya setahun silam. Obat-obatan yang diberikan dokter pun urung diminumnya. Ia malah mengambil 500 gram akar, batang, dan daun kangkung. Kangkung yang telah dicuci bersih itu kemudian diblender dengan segelas air, lalu diminum.
Setelah mengonsumsi 2 gelas jus kangkung, Bertha merasakan tubuhnya pulih kembali. Ia mengaku, resep ini secara tak sengaja ia dapatkan dari sebuah toko buku di Yogyakarta.

Secara khusus, Dr. Setiawan Dalimartha, Ketua Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur (PDPKT), mengutarakan bahwa tindakan yang diambil oleh Bertha sudah cukup tepat. Pasalnya kangkung memang memiliki efek farmakologis sebagai penenang (sedatif) dan mampu mengusung zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun dalam tubuh.

Jadi ketika Anda mengalami gejala keracunan,
– Segeralah ambil seikat kangkung atau sekitar 500 gram
– Cuci bersih
– blender dengan segelas air (bisa ditambah dengan madu)
– lalu segera diminum.
Agar efek racun segera hilang, minumlah minimal 2 gelas jus kangkung tersebut.

Jus kangkung, obat keracunan makanan

Jus kangkung, obat keracunan makanan

Kangkung (Ipomoea aquatica) selain mampu menetralkan racun juga memiliki efek sedatif alias penenang sehingga korban keracunan makanan dapat lebih tenang. Sifat itulah yang membuat orang yang mengonsumsi kangkung lebih cepat didera rasa kantuk.

Peran kangkung untuk menetralkan racun secara empiris sudah dilakukan di Burma dan India. Kapoor pada tahun 1980 melakukan riset tentang khasiat kangkung sebagai penetralisir racun tubuh secara etnobotani berdasarkan pada pengalaman penduduk di Andhra Pradesh, India. Hasil penelitian itu memperlihatkan kemampuan kangkung mengobati orang yang keracunan arsenik bahkan opium yang masuk ke dalam tubuh.

Riset lain oleh Salim Said Alkiyumi dan Mahmood Ameen Abdullah dari Universitas Malaya, Malaysia pada kangkung juga memperlihatkan bahwa kangkung merupakan bahan alami detoksifikasi untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

Seorang pakar kesehatan dari Filipina, Herminia de Guzman Ladion, memasukkan kangkung dalam kelompok “Tanaman Penyembuh Ajaib”. Selain sebagai antiracun (antitoksik), Efek farmakologis kangkung juga sebagai antiradang, menghentikan perdarahan (hemostatik) ,peluruh kencing (diuretik), dan sedatif (penenang/ obat tidur). Sifat-sifatnya inilah yang membuat kangkung memiliki khasiat antara lain untuk mengatasi haid yang terlalu banyak, kencing darah, mimisan, wasir berdarah, anyang-anyangan, mengatasi sembelit dan susah tidur. Sebagai obat luar, kangkung bisa juga digunakan untuk mengobati bisul, kapalan, dan radang kulit bernanah.

Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.





Kiriman Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *