Ketahui Kebiasaan Penyebab Panas Dalam dan Cara Mengatasinya

Khasiatmanfaat.com – Panas dalam, atau sensasi panas berlebih ditenggorokan terkadang muncul tiba-tiba hingga membuat penderitanya tak leluasa beraktivitas. Keluhan panas dalam kerap kali muncul terlebih ketika musim pancaroba atau peralihan antara dua musim. Namun, ketika sedang mencari obat panas dalam, pernahkah Anda berpikir apa sebenarnya penyebab dari timbulnya panas dalam?

Ada fakta menarik bahwa ternyata panas dalam sering muncul akibat dari kebiasaan-kebiasaan yang tak Anda sadari.

Kebiasaan Penyebab Panas Dalam

dr. Laurentius Aswin Pramono, dokter spesialis penyakit dalam, menerangkan bahwa ada beberapa kebiasaan yang kerap menjadi penyebab seseorang terkena panas dalam. Kebiasaan tersebut seperti berpanas-panasan saat cuaca terik dalam kondisi lama, efek kehujanan karena tak mengenakan jas hujan, atau sering beralih disituasi udara yang ekstrem seperti dari dingin ke panas atau sebaliknya.

Terlalu hobi mengonsumsi makanan pedas dan asam juga bisa menyebabkan datangnya panas dalam. Selain itu, yang tak banyak disadari orang, sering mengonsumsi mie instan secara berlebihan juga bisa menjadi faktor pemicu timbulnya panas dalam.

Cara Mengatasi Panas Dalam

Untuk mencegah gejala panas dalam datang, lanjut dokter Aswin, mari kembalikan kepada daya tahan tubuh Anda. Sebab, jika daya tahan tubuh baik, risiko untuk terkena panas dalam bisa berkurang. Berikut adalah beberapa cara yang berguna untuk mengatasi panas dalam.

1. Cukupi Hidrasi

Cara mengatasi penyebab panas dalam 1, Cukupi Hidrasi

Cara paling mudah untuk mencegah panas dalam ialah dengan hidrasi yang cukup. Yaitu Anda harus mengonsumsi air minum dengan cukup, tidak kurang atau berlebih yaitu sesuai dengan kebutuhan atau aktivitas Anda sehari-hari. Setidaknya minumlah 2 liter air mineral atau setara 8 gelas sehari. Ketika tubuh dalam kondisi terhidrasi, tubuh bakal lebih cepat pulih dan penyebab panas dalam perlahan bisa dihilangkan.

Lanjut dr. Aswin, kebutuhan air yang cukup dalam tubuh sanggup menurunkan suhu tubuh seseorang dan membuat tubuh jadi lebih nyaman. Turunnya suhu tubuh berperan penting dalam menghilangkan panas dalam, karena air yang masuk dalam tubuh berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh, yang kemudian meningkatan imunitas. Ketika imunitas tubuh sudah baik, suhu akan bisa perlahan dalam kondisi stabil dan panas dalam pun akan hilang dengan sendirinya.

2. Penuhi Nutrisi

Cara mengatasi panas dalam 2, Penuhi Nutrisi

Selain dari hidrasi, Anda juga dapat mempercepat proses penyembuhan panas dalam lewat pemenuhan nutrisi tubuh. Di mana kita harus memperhatikan makanan sehingga cukup makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak dan juga mikronutrien seperti vitamin dan mineral yang dapat Anda temukan dalam buah-buahan untuk mengobati panas dalam.

Anda bisa mencoba mengubah pola makan dengan makan sedikit tapi lebih sering. Hal Ini supaya metabolisme tubuh tetap berjalan. Diyakini dokter Aswin, dengan pola makan dan minum seperti ini membuat panas dalam yang dialami seseorang lambat laun akan hilang. Namun kondisi setiap orang tentu akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat keparahannya.

3. Rutin Berolahraga

Cara mengatasi penyebab panas dalam 3, Rutin Berolahraga

Jarang berolahraga juga merupakan salah satu penyebab seseorang mudah terserang panas dalam. Oleh karena itu rutin berolahraga merupakan solusi yang cukup ampuh mencegah panas dalam datang. Dengan berolahraga daya tahan tubuh menjadi lebih terjaga dan tidak rentan terserang penyakit.

4. Istirahat yang Cukup

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meredakan panas dalam adalah dengan istirahat yang cukup. Ketika Anda sedang mengalami panas dalam, maka daya tahan tubuh akan menurun. Untuk mengembalikan perfoma maksimal tubuh maka diperlukan istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur setidaknya 6 jam pada waktu malam, dan tambah dengan tidur siang setengah hingga 1 jam jika memungkinkan.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan panas dalam. Selain itu, disarankan juga untuk menghindari stres yang bisa berdampak buruk terhadap daya tahan tubuh.

Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.





Kiriman Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *