Duet Maut Penumbuh Rambut, Solusi Rambut Rontok dan Kebotakan

Khasiatmanfaat.com – Rambut rontok adalah masalah yang umum dijumpai dan sering dikeluhkan baik oleh pria maupun wanita. Masalah kebotakan khususnya menjadi momok tersendiri bagi kaum adam. Pasalnya menderita kebotakan acap kali dianggap mengurangi estetika penampilan hingga tak ayal menyebabkan krisis kepercayaan diri, bahkan pada beberapa kasus bisa berujung pada depresi. Sebagaimana tanaman, sejatinya rambut juga perlu dipupuk dengan menggunakan hair tonic supaya dapat tumbuh subur dan maksimal.

Sebenarnya banyak sekali herbal yang secara alami sangat potensial dimanfaatkan sebagai tonic penyubur dan penumbuh rambut. Namun kehadiran 2 tanaman herbal berikut ini sepertinya perlu untuk diperhatikan.

Apa sajakah 2 tanaman tersebut? Kedua tanaman itu yaitu daun teh dan daun mangkokan. Banyak sekali penelitian yang telah dilakukan terhadap kedua tanaman tersebut yang membuktikan bahwa keduanya memiliki efek sebagai tonic atau penumbuh rambut alami.

US Patent pada 2005 memaparkan bahwa daun teh yang memiliki kandungan 9 senyawa aktif yang bekerja secara sinergis dalam aktivitas antioksidan itu mujarab sebagai pewarna rambut serta penumbuh rambut alami.

Penelitian yang dilakukan Herlin dari Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi, Surakarta, pada 2004 menunjukkan daun teh berefek mempercepat pertumbuhan rambut pada uji hewan percobaan. Hal itu diperkuat lagi oleh riset pada tahun 2005 yang dilakukan oleh Prasetya dari Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang membuktikan bila konsumsi seduhan daun teh mampu mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan daun teh sebagai tonic penumbuh rambut cukup mudah, yakni seduhlah teh seperti biasa dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin basuhkan air teh tersebut secara merata ke keseluruhan rambut sambil pijat halus kulit kepala Anda. Diamkan kurang lebih selama 1 jam setelah itu baru keramas dan bilas dengan air.

Lalu bagaimana dengan daun mangkokan? Mangkokan (Nothopanax scutellarium Merr.) adalah tanaman yang termasuk jenis tanaman perdu, tingginya dapat mencapai tiga meter dan bentuk daunnya seperti mangkuk hingga orang menyebutnya daun mangkokan. Selain kerap dimanfaatkan sebagai obat sulit berkemih, sudah sejak lama daun mangkokan dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat sebagai penumbuh rambut. Daun mangkokan memiliki kandungan utama berupa vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium oksalat, fosfor, besi, lemak dan protein yang bermanfaat untuk menutrisi rambut.

daun mangkokan berkhasiat sebagai penumbuh rambut

Daun mangkokan (Nothopanax scutellarium) berkhasiat sebagai penumbuh rambut

Untuk memanfaatkan daun mangkokan sebagai treatment perawatan dan penumbuh rambut cukup mudah. Yaitu ambil 10 hingga 15 lembar daun mangkokan lalu cuci bersih, setelah itu tumbuk sampai halus atau blender. Setelah halus kemudian campurkan dengan segelas air masak lalu saring, kemudian gunakan air saringan tersebut untuk memijat seluruh rambut dan kulit kepala selama kurang lebih 10 menit. Setelah dirasa meresap dan agak kering, bilaslah dengan air bersih dan menggunakan shampo.

Nah itu tadi pemanfaatan daun teh dan daun mangkokan sebagai tonic rambut secara terpisah. Lalu bagaimanakah efeknya jika keduanya di duetkan atau dikombinasikan?

Riset yang dilakukan oleh Indah Purwantini dkk dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta baru-baru ini memperlihatkan bahwa kombinasi daun teh dan daun mangkokan terbukti secara ilmiah mampu mempercepat pertumbuhan rambut dan aktivitasnya setara dengan hair tonic yang terdapat di pasaran. Hasil menunjukkan bahwa kombinasi perbandingan terbaik ekstrak daun teh dan daun mangkokan adalah 2:1. Itu artinya pemakaian tunggal dari keduanya tidak berefek sekuat apabila dikombinasikan.

Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.





Kiriman Terkait:

Komentar
  1. AvatarFitria September 21, 2015 | Balas
  2. Avatarsilvie Desember 23, 2016 | Balas
  3. AvatarAna marlyna Mei 10, 2017 | Balas
  4. Avatarmaya damanik Mei 23, 2017 | Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *