Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Panas Dalam

Khasiatmanfaat.com – Apakah Anda sering mengalami yang namanya panas dalam? Pastinya hal tersebut sangatlah mengganggu bukan? Panas dalam memang menyebalkan, apalagi ketika kita tidak mengetahui bagaimana cara mengobati panas dalam yang sedang diderita.

Namun tahukah Anda bahwa panas dalam sebenarnya bukanlah penyakit yang dikenal dalam medis? Istilah panas dalam sering digunakan untuk menjelaskan keluhan atau sensasi panas di tenggorokan yang bisa juga disertai beberapa gejala tertentu. Jadi sebenarnya panas dalam bukanlah jenis penyakit tersendiri melainkan efek gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tertentu.

Sebelum Anda mencari tahu kiat untuk meredakan panas dalam, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa kondisi dan penyakit yang bisa menjadi penyebab munculnya panas dalam.

Penyebab Panas Dalam

penyebab panas dalam

Cukup banyak faktor pemicu yang menyebabkan seseorang terserang panas dalam, baik itu karena faktor kebiasaan maupun karena penyakit tertentu. Beberapa kasus panas dalam biasanya kerap dihubungkan dengan rasa tidak nyaman pada tenggorokan terutama ketika digunakan untuk menelan. Panas dalam seperti ini biasanya merupakan gejala yang mengawali penyakit radang tenggorokan/ faringitis.

Sangat banyaknya keluhan seseorang yang dihubungkan dengan panas dalam menuntut dokter perlu menganamnesis dengan lebih rinci keluhan yang dirasakan. Dari penjabaran keluhan, riwayat penyakit serta pemeriksaan fisik maka dokter akan dapat menentukan kemungkinan penyakit penyebab panas dalam untuk kemudian memberi saran atau pengobatan medis secara tepat sesuai dengan kondisi.

Beberapa kondisi penyebab panas dalam diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melemahnya daya tahan tubuh
  • Dehidrasi / kekurangan cairan
  • Kekurangan asupan vitamin C dan serat
  • Terlalu banyak konsumsi makanan pedas, asam dan berlemak
  • Konsumsi jenis obat-obatan tertentu
  • Kondisi cuaca yang ekstrim, misalnya terlalu panas atau terlalu dingin
  • Faktor emosional, seperti stres

Adapun panas dalam juga dapat diakibatkan karena penyakit sebagai berikut:

  • Infeksi virus atau bakteri pada mukosa tenggorokan yang menyebabkan radang tenggorokan/ faringitis
  • Ketidakstabilan hormon dalam tubuh
  • GERD

GERD

Gerd penyebab panas dalam

Tahukah Anda bahwa sebagian besar keluhan panas dalam ternyata berkaitan dengan penyakit lambung? Panas dalam seringkali muncul sebagai gejala dari penyakit yang disebut dengan GERD. GastroEsophageal Reflux Disease atau GERD termasuk salah satu penyakit lambung yang disebabkan oleh kondisi katup yang memisahkan antara lambung dan kerongkongan melemah. Akibatnya sebagian isi lambung yang bersifat sangat asam naik kembali ke kerongkongan secara berjeda bahkan sampai ke rongga mulut.

Ketika Anda mengalami gejala panas dalam yang dibarengi dengan rasa mual dan muntah, nafsu makan menurun, badan lemas, lidah terasa pahit, maka kemungkinan panas dalam yang Anda alami disebabkan oleh penyakit GERD. Pasien yang mengalami GERD biasanya mengeluhkan nyeri dada atau merasakan rasa panas di daerah dada seperti terbakar. Selain itu gejala panas dalam yang disebabkan oleh GERD biasanya juga diikuti kondisi mulut terasa pahit karena naiknya asam lambung, air liur yang berlimpah, bau mulut tak sedap, bibir kering, perut terasa kembung dan begah, sering bersendawa, dan terkadang disertai mual dan muntah.

Pernyakit GERD sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain kelainan anatomi esofagus dan lambung, terlalu banyak konsumsi makanan pedas dan berlemak, obat-obatan kimia, alkohol, dan rokok. Obesitas juga menjadi salah satu faktor penyebab GERD dimana orang yang obesitas cenderung mengalami penurunan tensi sfingter esofagus bawah dan keterlambatan pengosongan lambung. Selain itu, beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengungkapkan bahwa kecemasan atau depresi dapat meningkatkan resiko terserang GERD sebanyak 2 hingga 4 kali lipat.

Nah itulah tadi beberapa penyebab panas dalam yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Bagi Anda yang belum terkena panas dalam maka ada baiknya untuk menghindari beberapa kondisi penyebab panas dalam diatas.

Tips Mencegah Panas Dalam

Beberapa tips untuk mencegah panas dalam yang disebabkan oleh GERD :

  • Jangan makan terlalu kenyang
  • Jangan langsung tiduran setelah selesai makan
  • Kontrol berat badan dan hindari obesitas
  • Jangan merokok, jangan minum alkohol
  • Hindari terlalu sering minum kopi atau soda
  • Hindari konsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat
  • Kurangi makanan asam, pedas dan berlemak tinggi
  • Jauhkan pikiran dari stres
  • Makanlah secara teratur dengan porsi yang sedikit tetapi dengan frekuensi lebih sering
  • Hindari konsumsi obat-obatan kimiawi atau herbal secara serampangan atau berlebihan tanpa konsultasi dengan dokter maupun herbalis.

Kiat Meringankan Panas Dalam

Apabila sedang mengalami panas dalam, maka ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk meringankan gejalanya. Cara tersebut antara lain:

Cara Mengobati Panas Dalam

Panas dalam pada umumnya dihubungkan dengan kondisi tubuh yang sedang melawan penyakit ataupun virus bakteri yang masuk kedalam tubuh. Sehingga cara mengobati panas dalam sebenarnya lebih kepada meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara:

Demikianlah tadi penjelasan tentang beberapa penyebab panas dalam serta cara untuk menyembuhkannya. Apabila keluhan panas dalam masih dirasakan dan seringkali tetap muncul, maka sebaiknya konsultasikan segera ke dokter. Dokter akan memeriksa lebih lanjut untuk menegakkan diagnosis tentang penyebab dan menilai keparahan penyakit yang Anda derita. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.

Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.





Kiriman Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *