9 Manfaat Buah Pepaya, “si Buah Panjang Umur”

Khasiatmanfaat.com – Siapa yang tidak kenal buah pepaya? Buah dengan rasa manis berwarna oranye kemerahan dengan tekstur daging buah yang lembut dan segar ini membuat orang tak mudah untuk melupakannya. Harganya yang ekonomis dan terjangkau oleh segala kalangan serta mudah sekali didapatkan menjadikan buah yang orang jawa menyebutnya dengan nama “kates” ini sebagai salah satu buah favorit yang diminati keluarga. Sangat lezat dikonsumsi apalagi dalam keadaan dingin, lebih-lebih ketika dicocol dengan bumbu rujak yang pedas dan menggoda, hmmm siapa yang tak ngiler dibuatnya?

manfaat buah pepaya (Carica papaya L.) bagi kesehatan

Pepaya (Carica papaya L.)

Sebelum kita mengupas tentang khasiat dan manfaat buah pepaya bagi kesehatan, tahukah kalian bahwa pepaya ini sebenarnya punya julukan? Buah pepaya adalah buat yang mendapat julukan sebagai “Buah Panjang Umur” sedangkan Christoper Columbus sendiri pada masa lalu menjulukinya sebagai “Buah Para Malaikat”. Wow, Julukan yang terdengar hebat untuk ukuran buah merakyat dan seringkali dipandang sebelah mata bukan? Akan tetapi julukan tersebut sebenarnya sangat tepat dan sangat beralasan. Pasalnya, pepaya memiliki beragam manfaat yang terkandung di dalamnya. Pepaya memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat dalam melawan berbagai penyakit degeneratif. Hebatnya lagi, buah ini dapat dikonsumsi mulai dari golongan bayi hingga lansia karena teksturnya relatif lembut ketika telah matang.

Pepaya (Carica papaya L.) dahulu adalah buah yang tergolong eksotis dan langka, akan tetapi sekarang merupakan buah yang sangat mudah ditemukan dan sering dijual di pasaran. Awalnya, buah ini berasal dari Meksiko, lalu terus berkembang hingga banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman pepaya tergolong tanaman adaptif serta mampu tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Tak jarang buah ini dapat ditemui sebagai tanaman di kebun atau di pekarangan sebagai tanaman rumah. Buah pepaya merupakan sumber alami vitamin dan mineral yang penting untuk menormalkan fungsi tubuh. Pepaya bisa dimakan sebagai buah yang masak, dibuat sayur, dimakan sebagai rujak, manisan, di juice, atau bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah.

Lalu apakah sebenarnya khasiat dan manfaat buah pepaya bagi kesehatan? Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah pepaya diantaranya adalah penurunan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, membantu dalam pencernaan, meningkatkan kontrol glukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah, meningkatkan penyembuhan luka, mempertajam penglihatan, melawan penuaan dan sangat baik bagi kesehatan kulit.

manfaat buah pepaya - bayi makan pepaya

Buah pepaya, “Buah Panjang Umur” dapat  melawan penuaan dan sangat baik untuk kesehatan kulit

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Hal utama yang perlu Anda ketahui adalah daging buah pepaya termasuk rendah kalori. Kandungan zat gizi utama dalam pepaya yaitu 0.6% protein, 9.8% karbohidrat, dan 0.1% lemak. Pepaya merupakan buah yang kaya vitamin C, folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat dan fiber. Mereka juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, alpha dan beta karoten, lutein dan zeaxanthan, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K dan lycopene. Buah pepaya merupakan buah yang ampuh sebagai antioksidan dan seringkali disejajarkan dengan tomat.

Berikut tabel kandungan zat gizi buah pepaya secara lengkap.

tabel kandungan gizi buah pepaya

Sumber: USDA Nutrient Database (2011)

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat buah pepaya bagi kesehatan.

Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

  1. Sumber Antioksidan
    Buah pepaya adalah buah yang kaya antioksidan. Vitamin A dan turunannya (β-karoten, cryptoxantin- β, dan lutein-zeaxanthin) termasuk antioksidan yang dapat mencegah oksidasi akibat radikal bebas. Artinya, dengan mengonsumsi pepaya dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, dan stroke. Kombinasi vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam pepaya dapat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol. Kolesterol ini dapat menempel dan menumpuk di dinding pembuluh darah dan membentuk plak berbahaya (ateroklerosis). Jika dibiarkan , dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan stroke.
  2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
    Manfaat buah pepaya yang cukup penting bagi kesehatan yaitu mampu meningkatkan imunitas tubuh. Buah pepaya adalah buah sumber vitamin C yang sangat baik. Kandungan vitamin C pada pepaya lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C pada jeruk manis. Berdasarkan data USDA Nutrient Database, dalam 100 gram pepaya terkandung vitamin C sebanyak 60.9 mg yang dapat memenuhi 100% kebutuhan vitamin C pada tubuh. Sebuah uji preklinis yang dilakukan oleh Nayak dkk dan diterbitkan pada Indian Journal of Experimental Biology (2007) menguji peranan ekstrak buah pepaya terhadap perbaikan kondisi luka. Hasilnya, ekstrak pepaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini diduga karena adanya kandungan vitamin C pada ekstrak pepaya yang dapat meningkatkan pembentukan kolagen pada jaringan yang luka dan mencegah terjadinya infeksi tambahan oleh mikroba. Selain kandungan vitamin C, kandungan papain pada ekstrak buah pepaya juga diduga memberikan efek penyembuhan luka.

    Anda harus tahu!
    Vitamin C berperan sebagai anti radikal bebas, antiperadangan, dan peningkat sistem inunitas tubuh.

  3. Pengatur Kerja Tubuh
    Pepaya merupakan sumber vitamin B kompleks yang membantu kerja tubuh. Asam folat merpakan salah satu vitamin B kompleks yang memegang peranan penting terhadap fungsi tubuh. Asam folat dalam pepaya dapat membantu mengubah homosistein menjadi zat yang tidak berbahaya dalam tubuh. Homosistein merupakan zat yang jika menempel pada dinding pembuluh darah dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan stroke.
  4. Sebagai Anti Inflamasi
    Pepaya mengandung beberapa enzim pengolah protein yang unik seperti papain dan chymopapain. Enzim ini telah terbukti membantu mengobati peradangan dan meningkatkan penyembuhan dari luka bakar. Selain itu, nutrisi antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, termasuk vitamin C dan beta-karoten, juga sangat baik untuk mengurangi peradangan. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa orang-orang dengan penyakit yang diperburuk oleh peradangan, seperti asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis, menemukan bahwa tingkat keparahan kondisi mereka berkurang ketika mereka mendapatkan lebih banyak nutrisi.
  5. Melancarkan Buang Air Besar
    Manfaat buah pepaya yang mungkin sudah banyak diketahui orang dan sudah dibuktikan sendiri yaitu sebagai pelancar buang air besar. Pernahkan kalian dahulu sewaktu kecil mengalami susah buang air besar kemudian oleh orang tua kalian disuruh untuk mengonsumsi pepaya? :D
    Pepaya memang cukup dikenal sebagai buah laksatif, yaitu buah yang dapat melancarkan proses buang air besar. Pasalnya, pepaya mengandung serat larut air yang membantu keluarnya tinja.
  6. Mencegah Penyakit Jantung
    Kalium pada pepaya berperan menjaga kesehatan jantung dan pembulu darah yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Tahukan Anda? Jus pepaya dan ekstrak buah pepaya ternyata memiliki efek antihiperlipidemik. Melalui sebuah uji preklinis yang dipublikasikan pada Nig J. Nat.Prod dan Med (2006) menyatakan bahwa mengonsumsi jus pepaya dan ekstrak buah pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida plasma karena kandungan enzim papain dalam pepaya.Pepaya juga merupakan sumber serat yang baik, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol tinggi. Asam folat yang ditemukan dalam pepaya dibutuhkan untuk konversi zat yang disebut homocysteine ​​menjadi asam amino jinak seperti sistein atau metionin. Jika belum bertobat, homosistein dapat secara langsung merusak dinding pembuluh darah dan, jika tingkat terlalu tinggi, dianggap sebagai faktor risiko yang signifikan untuk serangan jantung atau stroke.
  7. Mencegah Kanker
    Nutrisi dalam pepaya juga telah terbukti membantu dalam pencegahan kanker usus besar. Serat pepaya adalah dapat mengikat racun penyebab kanker di usus besar dan menjauhkan mereka dari sel-sel usus yang sehat. Selain itu, folat, vitamin C, beta-karoten, dan vitamin E masing-masing telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar.Nutrisi ini memberikan perlindungan sinergis untuk sel-sel usus besar dari kerusakan akibat radikal bebas pada DNA mereka. Meningkatkan asupan nutrisi dengan menikmati pepaya adalah ide sangat baik bagi individu yang berisiko kanker usus.

    Anda harus tahu!
    Kombinasi asam folat, vitamin C, beta-karoten, dan vitamin E dapat menurunkan resiko kanker usus. Senyawa ini memberikan perlindungan sinergis terhadap sel kolong dari kerusakan radikal bebas pada sel kolon.

  8. Mengurangi Resiko Diabetes
    Serat sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah dan dapat mencegah lonjakan gula darah. Sebuah penelitian menyimpulkan, pasien penderita diabetes yang mengkonsumsi limapuluh gram serat setiap hari, membantu menurunkan kadar glukosa sebanyak sepuluh persen dan insulin sebanyak duabelas persen.
  9. Melawan Penuaan, Memelihara Kesehatan Kulit dan Rambut
    Manfaat buah pepaya yang tak kalah pentingnya adalah untuk melawan penuaan serta memelihara kesehatan kulit dan rambut. Kandungan antioksidan, vitamin A, C dan E yang terdapat di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai masalah di kulit, seperti seperti flek, jerawat, keriput, dan sebagainya. Selain membantu melembabkan kulit, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar. Kandungan vitamin A juga membuat pepaya bagus untuk rambut Anda. Buah-buahan yang dapat merawat kulit secara alami dapat dilihat dibagian 7 Buah Paling Berkhasiat Untuk Merawat Wajah Secara Alami.

Cara Tepat Mengonsumsi Pepaya

Pepaya dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi produk lainnya. Misalnya, daging buah pepaya yang masih muda dapat dimasak sebagai bahan dasar sayuran. Sementara itu, daging buah pepaya yang sudah matang dapat digunakan sebagai campuran es buah, koktail buah, bahan dasar jus, hingga sebagai campuran rujak. Secara umum, pengolahan seperti ini tidak berefek terhadap penurunan zat gizi pepaya.

Jus buah pepaya

Jus buah pepaya

Selain daging buahnya, biji pepaya sebenarnya dapat dikonsumsi, meskipun tidak lazim. Bagian biji pepaya ini nyatanya bermanfaat bagi kesehatan. Biji pepaya memiliki efek antibakterii yang dapat melawan bakteri jahat seperti Escherichia coli, Salmonella sp., dan Staphylococcus sp. Penyebab diare. Selain itu, biji pepaya dapat digunakan untuk membunuh parasit dalam pencernaan. Berdasarkan studi terhadap anak-anak di Nigeria yang mengidap parasit dalam sistem pencernaan, ternyata sebanyak 76.6% dinyatakan bebas parasit setelah tujuh hari mengonsumsi biji pepaya.

Pastikan pepaya yang dikonsumsi sudah matang optimal sehingga kandungan gizi yang dikonsumsi menjadi maksimal. Daya tahan simpan pepaya sekitar 14 hari dengan kondisi penyimpanan bersuhu 7 ~ 13° C dan kelembapan 90 ~ 95%. Jika pepaya disimpan pada suhu di bawah 12° C, beresiko terjadi chilling injury yang ditandai dengan pematangan buah yang tidak merata serta bau dan rasa pepaya yang tidak enak. Sementara itu, jika pepaya disimpan pada kondisi suhu ruang, buah ini hanya bertahan 2 ~ 3 hari.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat buah pepaya bagi kesehatan, sangat menakjubkan bukan? semoga bermanfaat…
Salam sehat selalu :-)

Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.





Kiriman Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *