4 Cara Membuat Minuman Isotonik Alami Pengganti Elektrolit Tubuh

(Khasiatmanfaat.com) – Apa itu Minuman Isotonik? Minuman isotonik adalah minuman yang kandungan komposisi di dalamnya disesuaikan dengan komposisi cairan tubuh agar memiliki tekanan osmosis yang sama. Tekanan osmosis berkaitan dengan kemampuan air untuk melalui membran sel.  Kita memerlukan minuman isotonik disaat kekurangan cairan dan mineral di dalam tubuh. Kekurangan cairan tersebut dapat terjadi disebabkan oleh aktivitas atau olahraga yang berlebih atau karena diare. Tanda-tanda bahwa seseorang mengalami kekurangan cairan yaitu kulit kering, mudah lelah, dan sering mengantuk.

Saat ini beragam merek minuman isotonik dapat dengan mudah kita temukan di pasaran. Yang mana hal tersebut membuat masyarakat jauh lebih mudah untuk mengonsumsinya. Namun yang perlu diperhatikan, menurut seorang ahli Naturopati dan Ilmu Yoga, dr. Purushothaman Munirathinam, dikatakan bahwa bahan-bahan alami adalah jauh lebih baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi tubuh. Terutama bila kita sedang dalam proses detoks atau mengeluarkan racun.

Produk-produk minuman isotonik yang ada saat ini mungkin adalah salah satu hal terburuk yang Anda masukkan kedalam tubuh jika Anda terlalu sering mengonsumsinya. Pasalnya sebagian besar dari bahan-bahan minuman tersebut diolah secara kimia, mengandung gula refinasi, pewarna buatan dan bahan-bahan lain yang sangat tidak bersahabat bagi tubuh Anda.

Salah satu bahan terburuk yang mungkin terkandung di dalamnya yaitu Brominated Vegetable Oil. Zat kontroversial ini tersangkut dengan beberapa masalah kesehatan yang serius seperti ruam kulit, jerawat akut, dan penyakit tiroid, sehingga bahan ini pun kemudian dilarang di Eropa dan Jepang. Beberapa minuman isotonik baru-baru ini memutuskan untuk menghapuskan bahan tersebut, namun beberapa produk masih menggunakannya.

Minuman isotonik pada dasarnya bertugas untuk melakukan satu hal, yaitu menggantikan cairan tubuh atau elektrolit yang hilang. Namun apakah sebenarnya resep rahasia untuk dapat melakukan hal tersebut? Untuk menggantikan elektrolit yang hilang sebenarnya Anda tidaklah membutuhkan formula rahasia, bahan kimia buatan, gula refinasi atau pewarna makanan. Membuat minuman isotonik secara alami sebenarnya sangatlah mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah sumber makanan alami sederhana yang menyediakan mineral kunci seperti natrium, klorida, kalium dan magnesium.

Berikut ini adalah 4 cara untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang atau mengisi elektrolit Anda secara alami dan memberikan tubuh Anda beberapa nutrisi yang penting pada saat yang sama. Ingatlah untuk selalu memilih bahan-bahan organik bila memungkinkan.4 cara menggantikan elektrolit secara alami

4 Cara Menggantikan Elektrolit Secara Alami

  1. Jus Seledri + Apel + Lemon
    Kombinasi dari jus ini bekerja secara ajaib untuk menggantikan elektrolit. Seledri memiliki sumber alami natrium, kalium, magnesium, klorida, dan fosfor. Apel menyediakan kalium tambahan dan pemanis alami. Lemon adalah buah jeruk yang memiliki kandungan elektrolit tertinggi.
  2. Aduk Garam Laut + Baking Soda + Jus Lemon + Madu Kedalam 1 Gelas Air
    Campuran bahan ini akan menghasilkan minuman isotonik alami yang sangat baik, bahkan cocok untuk para atlet berat sekalipun – Anda mungkin berpikir bahwa minum baking soda sedikit aneh, tapi sebenarnya bahan tersebut sudah digunakan selama berabad-abad silam. Dalam hal ini, bahan tersebut ditambahkan ke dalam campuran untuk membuat tubuh bersifat basa (mengurangi keasaman), serta menyediakan sumber tambahan natrium bikarbonat. Tambahkan madu untuk memberikan rasa manis sekaligus menutrisi tubuh dengan kandungan mineral dan vitamin di dalamnya.
  3. Kocok Air Kelapa Hijau + Spirulina
    Air kelapa adalah minuman isotonik alami terbaik yang kaya akan kandungan elektrolit dan kalium yang akan membantu tubuh Anda tetap terhidrasi. Kombinasikan air kelapa hijau dengan ½ sendok teh bubuk spirulina. Spirulina adalah ganggang kaya protein yang mengandung 8 esensial dan 10 asam amino non-esensial, kalium, vitamin B1, B2, B6, dan magnesium, mineral yang sangat penting untuk energi. Ramuan minuman isotonik ini benar-benar alami dan sangat rendah gula.
  4. Blender Pisang + Susu kedelai + Bayam
    Smoothie ini sangat berkhasiat untuk menghidrasi tubuh. Pisang adalah sumber terbaik kalium, mineral penting yang melawan kelelahan dan memungkinkan enzim tubuh untuk mengendalikan produksi energi. Susu kedelai sangat kaya magnesium dan kalium. Bayam adalah makanan super yang juga kaya akan magnesium serta kalsium.

Itulah tadi 4 variasi untuk membuat minuman isotonik alami. Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? Sekarang pergilah ke luar dan carilah keringat, sehingga kemudian Anda dapat menikmati salah satu kombinasi minuman isotonik alami yang lezat ini!

Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.





Kiriman Terkait:

Komentar
  1. AvatarMaria Mei 23, 2015 | Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *