16 Obat Luka Bakar Tradisional Yang Efektif dan Sangat Menolong

Khasiatmanfaat.com – Luka bakar dapat menimpa kita secara tak terduga dan seringkali merupakan kecerobohan yang tak disengaja. Kebanyakan orang mengalami luka bakar kecil di rumah, terutama ketika memasak di dapur tanpa sengaja terkena air panas atau minyak mendidih. Atau mungkin juga tanpa sengaja menyentuh knalpot panas, terkena setrika, dan lain sebagainya. Sejatinya, esensi utama dalam menyembuhkan luka bakar terletak pada pengambilan tindakan yang cepat dan tepat sesaat setelah terjadi kontak. Namun, tidak banyak orang mengetahui tindakan apa yang seharusnya dilakukan serta obat apa yang harus digunakan untuk membantu mereka dalam mencegah atau mengurangi intensitas luka bakar dan kerusakan yang ditimbulkannya.

Ketika suatu saat hal tersebut menimpa Anda atau mungkin buah hati Anda, maka tetaplah tenang dan jangan panik, karena sebenarnya solusi obat luka bakar untuk mengatasinya mudah ditemukan di sekitar Anda. Tindakan cepat tanggap dengan obat luka bakar tradisional berikut ini akan sangat efektif dan menolong.

Obat Luka Bakar Alami paling Ampuh

Jika Anda mengalami luka bakar ringan, maka ada beberapa cara mengobati luka bakar yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Tak perlu repot karena banyak bahan-bahan di sekitar kita yang ternyata dapat dijadikan sebagai obat luka bakar alami yang ampuh.

Berikut ini adalah 16 obat luka bakar tradisional yang penting untuk Anda ingat dan catat:

16 Obat Luka Bakar Tradisional Efektif dan Menolong

1. Air dingin

air dingin mengalir untuk obat luka bakar alami

Obat luka bakar alami yang sangat direkomendasikan untuk pertolongan pertama pada luka bakar adalah air dingin. Caranya yaitu dengan cara mengalirkan air dingin (antara 2 hingga 15 ° C) ke area luka selama 10~20 menit. Air dingin tidak hanya mengurangi peradangan dan memberikan sensasi dingin tetapi juga mencegah luka bakar menjadi lebih parah. Semakin cepat Anda membawa luka bakar dalam kontak dengan air dingin maka akan lebih baik.

Cara mengobati luka bakar dengan air dingin yaitu:

  • Sesaat setelah mengalami luka bakar, segera menuju ke keran air terdekat.
  • Nyalakan keran dengan aliran sedang, letakkan area yang terluka di bawah keran air selama 10 hingga 20 menit.

2. Lidah Buaya

manfaat lidah buaya untuk obat luka bakar

Obat luka bakar tradisional yang ampuh dan mudah ditemukan berikutnya yaitu lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat menyejukkan dan sangat bagus untuk penyembuhan luka bakar. Yang harus Anda lakukan adalah memotong beberapa daun dari tanaman lidah buaya kemudian gosokkan langsung pada area kulit yang terbakar. Penggunaan lidah buaya tidak hanya akan membantu Anda untuk menghilangkan luka bakar tetapi juga memberikan sensasi dingin yang akan mengurangi rasa sakit serta peradangan.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat luka bakar tradisional yaitu:

  • Ambil sebatang lidah buaya segar dan belah hingga nampak dagingnya.
  • Oleskan lendir atau gel yang keluar dari lidah buaya ke area luka bakar.
  • Setelah mengering, bilas dengan air bersih lalu oleskan sekali lagi gel alami lidah buaya.
  • Ulangi beberapa kali hingga luka bakar Anda sembuh.

3. Madu

khasiat madu untuk mengobati luka bakar

Madu dapat Anda manfaatkan sebagai obat luka bakar alami yang efektif. Madu memiliki khasiat untuk mempercepat waktu penyembuhan bagi luka bakar tingkat satu dan dua. Madu merupakan antibiotik alami, yang secara efektif mensterilkan luka dan membantu menyembuhkan luka bakar. Manfaat utama dari mengoleskan madu tidak hanya membantu untuk mengobati luka bakar tetapi juga menyediakan bantuan instan untuk meringankan rasa sakit karena luka bakar. Selain itu, juga bermanfaat mencegah timbulnya jaringan parut pada kulit setelah luka bakar sembuh.

Cara memanfaatkan madu sebagai obat luka bakar alami sangat mudah, yaitu:

  • Carilah madu yang 100% murni.
  • Oleskan madu dengan lembut ke area yang terkena luka bakar dan biarkan sampai mengering dan efek madu bekerja.
  • Ulangi mengoleskan madu minimal 5 kali dalam sehari

4. Kentang

khasiat kentang untuk obat luka bakar alami

Obat luka bakar alami yang di rekomendasikan berikutnya yaitu kentang. Keberadaan kentang untuk mengobati luka bakar mungkin cukup asing bagi sebagian orang, tapi pada faktanya melakukan hal tersebut sangatlah efektif. Kentang mentah bisa membantu dalam penyembuhan kulit akibat luka bakar karena sifat anti-iritasi nya yang dapat mengurangi rasa sakit dan mencegah kulit melepuh. Potong beberapa iris kentang mentah dan gosok pada luka bakar dengan perlahan. Pastikan bahwa kentang mengeluarkan sarinya pada bagian kulit yang terbakar. Untuk hasil terbaik, gunakan obat luka bakar tradisional ini tepat setelah luka bakar terjadi.

Cara menjadikan kentang sebagai obat luka bakar yang ampuh yaitu:

  • Cuci bersih kentang mentah lalu iris atau potong dengan pisau.
  • Gosokkan irisan kentang pada kulit yang terkena luka bakar hingga sari kentang terserap ke dalam kulit.
  • Cara kedua yaitu dengan menempelkan irisan kentang pada area luka bakar lalu bungkus menggunakan perban.

5. Cuka

Khasiat cuka untuk obat luka bakar alami

Anda mungkin tak pernah mengira jika cuka ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat luka bakar alami. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan cuka juga berguna sebagai pertolongan pertama untuk penyembuhan luka bakar. Cuka putih mengandung asam asetat, komponen aspirin yang dapat membantu meringankan rasa sakit, gatal, dan radang pada luka bakar. Cuka adalah zat antiseptik yang baik yang mampu mencegah infeksi dan membantu untuk mengobati luka bakar ringan. Cuka juga mampu menarik panas dari luka bakar, membantu untuk mengurangi nyeri secara alami.

Cara memanfaatkan cuka sebagai obat luka bakar yang manjur yaitu:

  • Gunakan larutan cuka putih untuk membasuh area luka bakar.
  • Basahi kain dengan cuka putih lalu gunakan sebagai perban untuk menutupi kulit yang terkena luka bakar.
  • Ganti perban larutan cuka setiap 3 jam sekali.

6. Teh Celup

khasiat teh celup untuk mengobati luka bakar

Obat luka bakar tradisional yang direkomendasikan dan mudah ditemukan di rumah berikutnya yaitu teh celup hitam. Selain dapat dimanfaatkan sebagai minuman teh yang berkhasiat bagi kesehatan, teh hitam juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Teh hitam memiliki kandungan asam tannic yang bermanfaat untuk menarik panas dari luka bakar serta membantu menghilangkan rasa sakit.

Cara mengobati luka bakar secara alami dengan kantong teh yaitu:

  • Seduh kantong teh hitam ke dalam segelas air panas untuk mengeluarkan sarinya
  • Kemudian pindahkan kantung teh ke segelas air dingin agar tidak terlalu panas.
  • Oleskan kantong teh pada bagian yang terbakar.
  • Untuk hasil yang maksimal Anda dapat menempelkan kantung teh dan membalutnya dengan perban pada daerah luka bakar.

7. Putih Telur

manfaat putih telur untuk obat luka bakar alami

Putih telur ternyata juga merupakan salah satu obat luka bakar alami yang cukup manjur. Anda mungkin belum pernah menggunakan putih telur sebelumnya, namun sebenarnya putih telur adalah obat yang populer untuk luka bakar. Selain mudah ditemukan di rumah, cara mengobati luka bakar dengan putih telur juga sangat mudah.

Untuk menggunakan putih telur sebagai obat luka bakar tradisional caranya yaitu:

  • Ambil sebutir telur ayam, lalu pisahkan putih telur dari kuningnya
  • kemudian basahi atau olesi kulit yang terbakar dengan putih telur.
  • Setelah merendam kulit yang terbakar dengan putih telur selama beberapa jam, Anda tidak akan lagi merasakan rasa sakit akibat luka bakar.

8. Baking Soda / Soda Kue

Baking soda untuk obat luka bakar tradisional

Obat luka bakar alami yang paling ampuh selanjutnya yaitu baking soda. Baking soda atau soda kue adalah agen antibakteri dan agen penyembuh yang bekerja dengan baik untuk luka ringan dan luka bakar lanjutan. Penggunaan baking soda bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit, menghilangkan rasa sakit dan sensasi terbakar dengan sangat cepat. Selain itu baking soda juga bermanfaat untuk memberi perlindungan yang efektif terhadap kuman, dan mencegah kuman serta bakteri memasuki kulit yang terbakar.

Cara menjadikan baking soda sebagai obat luka bakar tradisional cukup mudah yaitu:

  • Ambil baking soda secukupnya dan aduk dengan air hingga membentuk pasta.
  • Oleskan pasta baking soda pada luka bakar dan biarkan hingga mengering.

9. Tepung Terigu

khasiat tepung terigu sebagai obat ampuh untuk luka bakar

Selain berguna sebagai bahan utama pembuatan kue, siapa sangka jika tepung terigu ternyata juga merupakan obat luka bakar alami yang sangat efektif. Tepung terigu adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif yang dapat membantu Anda untuk menyembuhkan luka bakar. Khasiat tepung terigu sebagai obat luka bakar didapatkan terutama karena sifat tepung terigu yang membantu menyerap dan menjaga kelembaban pada luka bakar. Tepung terigu bila digunakan pada luka bakar akan membentuk pasta setelah beberapa waktu. Pasta dari tepung terigu akan membungkus luka dan mencegah masuknya udara sehingga mengurangi peradangan dan nyeri.

Cara mengobati luka bakar secara efektif dengan tepung terigu yaitu:

  • Cuci area yang terkena luka bakar dengan air dingin selama 10 menit
  • Taburkan tepung terigu pada luka bakar atau rendam ke dalam kantung terigu hingga nyeri pada luka bakar hilang.

10. Minyak Lavender

Khasiat minyak lavender untuk obat luka bakar alami

Obat luka bakar tradisional yang direkomendasikan berikutnya yaitu minyak lavender. Seorang ahli kimia Perancis menemukan kekuatan penyembuhan dari minyak lavender pada awal 1900-an ketika ia secara tidak sengaja membuat tangannya terbakar parah dalam sebuah kecelakaan laboratorium. Ditengah kepanikan dan kesakitan ia pun kemudian memasukkan tangannya yang terbakar ke dalam sebuah tong berisi minyak esensial lavender. Secara ajaib minyak esensial lavender tersebut berhasil meredakan rasa sakit akibat luka bakar yang ia derita, dan luka bakar pun sembuh dengan sangat cepat.

Cara mengobati luka bakar dengan minyak esensial lavender yaitu:

  • Oleskan minyak lavender secara langsung ke kulit yang mengalami luka bakar.
  • Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit perlahan menghilang dan luka bakar semakin membaik.

11. Minyak Zaitun

khasiat minyak zaitun sebagai obat luka bakar alami

Selain minyak lavender, bahan alami berikutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat luka bakar alami yaitu minyak zaitun. Minyak zaitun dikenal dengan minyak seribu khasiat dan sejak zaman dahulu telah dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional. Minyak zaitun sarat dengan vitamin dan kaya asam lemak esensial yang berkhasiat dalam mempercepat penyembuhan pada luka bakar. Selain itu minyak zaitun memasok nutrisi penting bagi kulit yang terluka serta menghambat organisme berbahaya dari menginfeksi luka.

Cara menggunakan minyak zaitu sebagai obat luka bakar tradisional yaitu:

  • Oleskan minyak zaitun ekstra virgin secara langsung pada kulit yang mengalami luka bakar.
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit menghilang dan luka bakar sembuh dengan sempurna.

12. Minyak Kelapa + Jus Lemon

manfaat minyak kelapa + lemon untuk obat luka bakar tradisional

Bahan alami berikutnya yang dapat dimanfaatkan sebagai obat luka bakar yaitu kombinasi minyak kelapa dan jus lemon. Minyak kelapa dikombinasikan dengan jus lemon keduanya bermanfaat untuk membantu mengobati luka bakar ringan ketika telah didinginkan. Minyak kelapa kaya akan kandungan Vitamin E dan asam lemak seperti asam laurat, asam miristat dan asam kaprilat yang berkhasiat sebagai anti-jamur, antioksidan dan manfaat anti-bakteri. Jus lemon memiliki asam alami yang dapat menghilangkan bekas luka bakar.

Cara mengobati luka bakar dengan kombinasi minyak kelapa dan jus lemon yaitu:

  • Campurkan beberapa sendok minyak kelapa dengan sedikit air perasan jeruk lemon.
  • Oleskan campuran obat luka bakar tradisional tersebut pada kulit yang terkena luka bakar untuk memudahkan penyembuhan.

13. Kulit Pisang

manfaat kulit pisang untuk obat luka bakar tradisional

Obat luka bakar alami yang cukup ampuh selanjutnya yaitu buah pisang. Buah pisang kaya akan kandungan Lutein yang merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh luka bakar. Selain itu kulit buah pisang juga membantu menyembuhkan kulit yang terbakar serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Cara menjadikan kulit pisang sebagai obat luka bakar alami cukup mudah, yaitu:

  • Letakkan kulit pisang di area yang terbakar dan gosokkan dengan lembut.
  • Biarkan seperti itu sampai kulit pisang menghitam.
  • Ulangi proses untuk penyembuhan lebih cepat.

14. Bawang Merah

Khasiat bawang merah sebagai obat luka bakar alami

Bahan alami yang berkhasiat sebagai obat luka bakar selanjutnya yaitu bawang merah. Bawang merah mengandung sulfur dan quercetin yang dapat berkhasiat untuk membantu mengurangi rasa sakit, menyembuhkan luka bakar dan mencegah kulit melepuh.

Cara menggunakan bawang merah sebagai obat luka bakar yang ampuh yaitu:

  • Ambil bawang merah kemudian cuci bersih dan iris.
  • Tempelkan irisan bawang pada area kulit yang terbakar untuk membantu menghilangkan kemerahan dan mengatasi nyeri.

15. Susu

khasiat susu sebagai obat luka bakar alami

Susu selain merupakan minuman yang sehat bagi tubuh, ternyata juga berkhasiat sebagai obat luka bakar. Kandungan lemak dan protein dalam susu membantu meredakan luka bakar dan mempercepat penyembuhan.

Cara mengobati luka bakar secara alami dengan susu yaitu:

  • Rendam luka bakar kedalam susu yang telah dingin selama 15 menit.
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari untuk mempercepat penyembuhan.

16. Yogurt

manfaat yoghurt untuk mengobati luka bakar

Obat luka bakar tradisional terakhir yang direkomendasikan yaitu yogurt. Yogurt selain sebagai produk olahan yang nikmat juga bertindak efisien dalam mengobati luka bakar.

Cara menjadikan yoghurt sebagai obat luka bakar alami yang efektif yaitu:

  • Oleskan yogurt pada luka bakar dan biarkan selama sekitar 15 menit.
  • Yogurt mendinginkan kulit dan memberikan bantuan untuk mengurangi rasa sakit pada luka bakar.

Demikianlah tadi beberapa pengobatan rumah sederhana yang sangat mudah dilakukan untuk mengobati luka bakar tanpa perlu membuat panik, bahan-bahan yang gampang ditemukan di rumah namun efektif sebagai obat luka bakar dan mengurangi peradangan serta rasa sakit yang ditimbulkan.

Akan tetapi jika Anda termasuk tipe orang yang praktis dan lebih menyukai obat luka bakar yang tersedia di apotek, maka Anda wajib membaca artikel 14 Salep Luka Bakar Pilihan dan Paling direkomendasikan berikut ini.

Semoga bermanfaat. :-)


Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.



Kiriman Terkait:

Comments
  1. Meila | Balas
    • adminadmin | Balas
  2. Cyber Hacker | Balas
    • adminadmin | Balas
  3. Aldi | Balas
    • adminadmin | Balas
  4. yelvi | Balas
    • adminadmin | Balas
  5. saiful | Balas
  6. nurfajariah | Balas
  7. Efiana | Balas
  8. Giri prast | Balas
  9. Rhike | Balas
  10. Dianretya | Balas
  11. Andi nurhalimah | Balas
    • adminadmin | Balas
  12. Azzam | Balas
  13. Widiawati | Balas
    • adminadmin | Balas
  14. amirullah | Balas
  15. Liaa | Balas
  16. Pipit marlina | Balas
    • adminadmin | Balas
  17. anggun | Balas
  18. Setya | Balas
  19. neng | Balas
  20. Yunus | Balas
  21. Anisa utami | Balas
  22. ari | Balas
  23. Gek Ayu | Balas
  24. Puput septidila sandi | Balas
  25. Wahyu | Balas
  26. Lia | Balas
  27. jihan | Balas
  28. Nano_Kun | Balas
  29. Nanda | Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!