12 Kesalahan Mencuci Wajah yang Bikin Jerawat Tambah Subur

Khasiatmanfaat.com – Kebersihan wajah merupakan salah satu faktor penting agar terhindar dari jerawat. Karenanya, mencuci wajah adalah hal paling ideal guna membuat wajah menjadi bersih dan mencegah jerawat muncul. Namun ternyata rutin mencuci wajah bukanlah jaminan wajah Anda akan terbebas dari jerawat. Tanpa disadari, ternyata ada banyak kesalahan dalam mencuci wajah yang justru beresiko membuat jerawat makin subur.

Umumnya kesalahan dalam mencuci wajah dipicu oleh hasrat mendapatkan hasil maksimal dalam waktu cepat. Sehingga frekuensinya dibuat terlalu sering, cara menggosok wajah yang berlebihan atau terlalu bertenaga, hingga cara mengeringkan wajah yang keliru.

Kesalahan Dalam Mencuci Wajah

Jika Anda merasa sudah rutin membersihkan wajah secara maksimal tetapi jerawat tetap bermunculan atau justru lebih parah, mungkin hal berikut ini adalah penyebabnya. Berikut ini kami rangkum beberapa kesalahan dalam mencuci wajah yang malah beresiko menyebabkan jerawat semakin tumbuh subur.

1. Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Kesalahan pertama dalam mencuci wajah yaitu tidak mengawalinya dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Tangan yang kotor dan belum dicuci dikhawatirkan dapat memindahkan kuman ke wajah dan bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat.

2. Mencuci dengan Air yang Terlalu Panas

Bagi orang yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, idealnya adalah membersihkan wajah menggunakan air hangat. Namun karena pengertian “hangat” ini sangat relatif, ada sebagian orang yang menggunakan air terlalu panas untuk mencuci wajah mereka. Air yang terlalu panas dapat melunturkan minyak alami pada kulit sehingga kulit menjadi kering. Akibatnya, kelenjar minyak malah memproduksi lebih banyak sebum. Minyak berlebih inilah yang nantinya menjadi penyebab munculnya jerawat.

3. Terlalu Sering Mencuci Wajah dengan Sabun

Rutin mencuci wajah adalah kebiasaan yang baik agar terhindar dari jerawat. Namun terlalu sering mencuci wajah menggunakan sabun justru dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan memicu munculnya jerawat. Selain itu, kandungan bahan kimia pada sabun dapat menyebabkan acne detergicans, yaitu timbulnya jerawat akibat reaksi terhadap zat kimia yang terkandung dalam sabun.

4. Menggunakan Sabun Mandi untuk Mencuci Wajah

hindari sabun mandi untuk mencuci wajah untuk mencegah jerawat muncul

Sabun mandi kebanyakan diformulasikan untuk kulit tubuh bukan kulit wajah yang mana lebih sensitif. Sabun mandi biasanya mengandung surfaktan lebih tinggi yang jika digunakan untuk mencuci wajah dapat membuat kulit menjadi kering dan memicu munculnya jerawat. Selain itu, mencuci muka menggunakan sabun mandi juga berpotensi mengganggu pH kulit wajah Anda, sehingga mikroorganisme baik yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan kulit juga terganggu.

5. Memilih Produk Pencuci Wajah yang Tak Sesuai Jenis Kulit

Salah satu kesalahan mencuci wajah yang seringkali dilakukan adalah memilih pencuci wajah yang tak sesuai jenis kulit. Akibat penggunaan produk yang tak sesuai, jerawat justru makin tumbuh subur. Oleh karenanya pilih produk pembersih atau pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, yaitu kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi atau kulit sensitif.

6. Menggunakan Pencuci Wajah Scrub Berlebihan

hindari face scrub berlebihan agar terhindar dari jerawat

Mencuci muka menggunakan sabun scrub secara berlebihan justru dapat memperparah kondisi kulit yang sudah terlanjur berjerawat. Sabun scrub mungkin dapat mencegah kulit berjerawat namun tidak efektif untuk menghilangkan jerawat. Karena hanya bekerja di permukaan kulit, butiran dalam krim scrub malah dapat melukai kulit yang sedang berjerawat dan menyebabkan iritasi sehingga memperparah kondisi jerawat.

7. Eksfoliasi Berlebihan

Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering sehingga membuat bakteri mudah berkembang biak di wajah. Cukup lakukan eksfoliasi satu atau dua kali dalam seminggu.

8. Membilas terburu-buru

Membilas terburu-buru ketika mencuci wajah dapat menyebabkan residu kotoran dan sabun tertinggal pada kulit. Bilaslah dengan sempurna dengan beberapa pijatan pada area wajah sehingga kegiatan membersihkan wajah yang Anda lakukan dapat menjadi efektif untuk mencegah jerawat.

9. Terlalu Keras Menggosok

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa semakin keras menggosok ketika mencuci wajah, maka kotoran di wajah akan semakin mudah dihilangkan. Padahal itu adalah anggapan yang keliru. Menggosok wajah terlalu keras justru dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan membuat jerawat yang sudah tumbuh menjadi semakin parah.

10. Menggosok Menggunakan Handuk

jangan menggosok wajah dengan handuk supaya terhindar dari jerawat

Setelah mencuci wajah, cara mengeringkan wajah pun harus diperhatikan. Hindari mengeringkan wajah dengan digosok menggunakan handuk. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit terutama kulit berjerawat. Lebih baik biarkan kering secara alami atau cukup ditepuk-tepuk menggunakan handuk.

11. Lupa Mencuci Muka Sebelum Tidur

Salah satu kebiasaan baik yang sering terlewatkan adalah mencuci wajah sebelum tidur. Perlu Anda ketahui bahwa malam hari sebelum tidur merupakan waktu paling baik untuk melakukan perawatan wajah dan sebaiknya tidak Anda lewatkan. Selain berguna untuk membersihkan residu kotoran atau makeup, membersihkan muka sebelum tidur juga mencegah bakteri penyebab jerawat berkembang biak pada malam hari.

12. Mengabaikan Cuci Muka Saat Bangun Tidur

Selain mencuci muka sebelum tidur, mencuci muka saat bangun tidur juga merupakan aktifitas yang jangan sampai Anda lewatkan. Mencuci wajah ketika bangun tidur bermanfaat untuk membersihkan kelebihan minyak yang diproduksi oleh tubuh ketika Anda sedang tidur di malam hari.

Nah itulah tadi 12 kesalahan dalam membersihkan wajah yang harus Anda hindari supaya wajah Anda terbebas dari jerawat. Semoga bermanfaat.

Protected by Copyscape Plagiarism Checker - Do not copy content from this page.



Kiriman Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *